| dc.identifier.citation | Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. Ananda, & Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan teori dan praktik dalam Pendidikan. Saleh, (Ed.), (hlm 1-351). CV. Widya Puspita. Anggraini, F. D. P., Aprianti, Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206 Azwar, S. (2021). Penyusunan skala psikologi (ed.3). Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Bandura, A. (1997). Self-efficacy : The exercise of control (ed.1). New York : W. H. Freeman and Company. Bidang, A. S., Erawan, E., & Sary, K. A. (2018). Proses adaptasi mahasiswa perantauan dalam menghadapi gegar budaya (Kasus adaptasi mahasiswa perantauan di Universitas Mulawarman Samarinda). Journal Ilmu Komunikasi, 6(3), 212–225. Dluha, M. S. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Fauzia, N., Asmaran, & Komalasari, S. (2020). Dinamika kemandirian mahasiswa perantauan. Jurnal Al Husna , 1(3), 167–181. https://doi.org/10.1234/jah.v1i3.3918 Fitriani, A., & Walandari, R. (2022). Penyesuaian diri mahasiswa pada pembelajaran daring. Jurnal J-BKPI, 2(1), 14–21. Gunandar, M. S., & Utami, M. S. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian diri mahasiswa baru yang merantau. Gadjah Mada Of Journal Psychology, 3(2), 98–109. Halim, C. F., & Dariyo, A. (2016). Hubungan psychological well-being dengan loneliness pada mahasiswa yang merantau. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 170–181. Honggowiyono, P. (2015). Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik (ed.1). Penerbit Gunung Samudera, Malang. Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self- efficacy dengan penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 172–178. Irwansyah, S. (2021). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh. Jamaluddin, M. (2020). Model penyesuaian diri mahasiswa baru. Indonesian Psychological Research, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.2980/ipr.v2i2.361 Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling info artikel abstrak. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah , 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075 Lianto. (2019). Self-efficacy: A brief literature review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55–61. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409 Mutammimah. (2014). Hubungan konsep diri dan kecerdasan emosi dengan kemampuan penyesuaian diri pada remaja. Persona,Jurnal Psikologi Indonesia , 3(1), 42–51. Nugraheni, M., Rahayu, M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi : Studi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 4(2), 73–84. Nuryadi, Astatuti, Utami, & Budiantara. (2017). Dasar-dasar statistika penelitian (ed.1). Yogyakarta : Sibuku Media. Oetomo, P. F., Yuwanto, L., & Rahaju, S. (2017). Faktor penentu penyesuaian diri pada mahasiswa baru emerging adulthood tahun pertama dan tahun kedua. Mind Set, 8(2), 67–77. Pratama. (2019). Aanalisis satistik dan implementasinya. Yogyakarta : K-Media Pratiwi, D., Dahlan, T. H., & Damaianti, L. F. (2019). Pengaruh self-compassion terhadap kesepian pada mahasiswa rantau. Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 88–97. Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi analisis korelasi dan regresi menggunakan pearson product moment dan simple linear regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103. Putri, Pratitis, & Arifiana. (2023). Hubungan antara efikasi diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru yang merantau. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 1–6. Rahayu, P. S. (2020, May 11). Pemkot Samarinda siap bantu mahasiswa perantau. Korankaltim.Com. Diunduh dari: https://korankaltim.com/berita-terkini/read/31125/pemkot-samarinda-siap-bantu-mahasiswa-perantau?amp=1 Ridha, A. A. (2018). Task commitment pada mahasiswa suku Bugis yang merantau. Jurnal Psikologi, 45(1). https://doi.org/10.22146/jpsi.31094 Rosalina, Oktarina, Rahmiati, & Saputra. (2023). Buku ajar statistika (ed.1). Padang : CV. Muharika Rumah Ilmiah Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri mahasiswa rantau dari Sumatera di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, Agustus, 7(3), 217–222. Santrock, J. W. (2007). Adolescence (ed.11). New York : McGraw-Hill. Schneider, A. A. (1964). Personal adjustment and mental health. New York: Holth Rinearth & Winston. Situmorang, D. R. (2019). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri mahasiswa Universitas Islam Riau. Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau, Riau. Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis stres dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi , 8(1), 1–12. Sulistyoningrum, E., & Kusnadi, S. K. (2020). Self-efficacy, penyesuaian diri pada Mahasiswa Nusa Tenggara Timur di Surabaya. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 1(2), 18–25. Syahri, A. A. (2014). Statistika pendidikan. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 6(2), 121–129. Taherdoost, H. (2016). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5(3), 28–36. Trinanda, B. R., & Selviana. (2019). Culture shock: Tantangan penyesuaian diri mahasiswa rantau. Buletin KPIN : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, 5(18). Wulandari, M., Umaroh, S. K., & Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokstinasi akademik pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(1), 35–43. | id_ID |