Show simple item record

dc.contributor.authorOktaviany Syabilla, Tasya
dc.date.accessioned2025-09-04T02:04:18Z
dc.date.available2025-09-04T02:04:18Z
dc.date.issued2024-07-14
dc.identifier.citationAnggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131-140. Annafila, F. H., & Zuhroh, L. (2022). A Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Islam Raden rahmat Malang. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 20-27. Appel, H., Gerlach, A. L., & Crusius, J. (2016). The interplay between Facebook use, social comparison, envy, and depression. Current opinion in psychology, 9, 44-49. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2015.10.006 Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Ariesta, R. P. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening (Vol. 1, Issue 1). Universitas Negeri Semarang. Astuti, R. F., Rahayu, V. P., Mustangin, M., Dewi, R. R. C., & Rahmaniah, R. (2022). Analisis perilaku konsumsi melalui gaya hidup pada usia remaja. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(2), 232-241. Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fitriani, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Kontrol Diri Siswa di SMA YLPI Pekanbaru. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1). Fromm, E. (1955). The Sane Society. London And New York: British Library Fuad, S. A. (2023). Pengaruh Social Comparison terhadap Quarter-Life Crisis pada Emerging Adulthood Pengguna Instagram (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara). Gibbons, F. X., & Buunk, B. P. (1999). Individual differences in social comparison: development of a scale of social comparison orientation. Journal of personality and social psychology, 76(1), 129. Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 126900. Festinger, L. (1954). A theory of social comparison processes. Human relations, 7(2), 117-140. Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Hastuti, F. A. (2018). Pengaruh social comparison dan self esteem terhadap body dissatisfaction pada mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Herlyana, E. (2012). Fenomena coffee shop sebagai gejala gaya hidup baru kaum muda. THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 13(1), 187-204. Hijriani, A., Muludi, K., & Andini, E. A. (2017). Implementasi metode regresi linier sederhana pada penyajian hasil prediksi pemakaian air bersih pdam way rilau kota bandar lampung dengan sistem informasi geofrafis. Jurnal Informatika Mulawarman, 11(2), 37-42. Jones, D. C. (2001). Social comparison and body image: Attractiveness comparisons to models and peers among adolescent girls and boys. Sex roles, 45, 645-664. https://doi.org/10.1023/A:1014815725852. Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan konformitas terhadap perilaku konsumtif di kalangan generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323. Laillisa, B. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Karet Terhadap Keterampilan Lompat Tinggi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sepatan Ii (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Lianawati, L. (2008). Perbandingan Sosial. Metamorfosis, 2(11) Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(4), 5-14. Mubarokah, S., & Rita, M. R. (2020). Anteseden perilaku konsumtif generasi milenial: Peran gender sebagai pemoderasi. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 211-220. Muhanif, M., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh kedisiplinan dan kreativitas terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1962-1973. Murisal, M. (2012). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Puteri. Kafaah: Journal of Gender Studies, 2(2), 77-96. Murwanti, D. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Teman Sebaya dan Budaya Kontemporer Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMP Negeri 41 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 38-51. Nestiti, L. G., & Yusuf, Y. (2022). Budaya Konsumsi Kopi Sebagai Gaya Hidup The Leisure Class Pada Generasi Z Di Coffee Shop Ugoku. Co Dan Titik Kumpul Coffee Brewers Kecamatan Sekupang Kota Batam. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(10), 2599-2608. Purwanta, E., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Skala Psikologi Karir. Putri, D. N., & Deliana, Y. (2019). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z antara Coffee Shop Besar dan Coffee Shop Kecil di Kecamatan Coblong Kota Bandung. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77-89. Rahayu, Y. (2019). Studi Deskriptif Perilaku Konsumtif Pengguna Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Santrok, W John. (2007). Remaja Edisi 11 Jilid 1. Penerjemah: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga. Santrock, J. W. (2014). Adolesence (15th ed.). Amerika: McGraw-Hill Education. Sari, I. A. W. P., & Suarya, L. M. K. S. (2018). Hubungan antara social comparison dan harga diri terhadap citra tubuh pada remaja perempuan. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 265-277. Sari, L. (2022). Fashion trends a consumptive lifestyle in a student environment: Case study of student of the Faculty of Economics, Bengkulu University. Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh belanja online terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, Wonosobo: UNMUH Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), 5. Shawli, I. F. (2019). Pengaruh self-esteem, social comparison, thin ideal internalization, dan rasa syukur terhadap body dissatisfaction ibu pasca melahirkan (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Sipunga, P. N., & Muhammad, A. H. (2014). Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja Di Tinjau Dari Pendapatan Orang Tua Pada Siswa-Siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology, 3(1). Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R., & SE, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syachfira, N., & Nawangsih, E. (2020). Hubungan social comparison dan self-esteem pada mahasiswa pengguna instagram. Prosiding Psikologi, 6(2), 554-559. Thomas, S. E. (2012). The role of social pressure as a key contributor of materialism and related status consumption. (Unpublished doctoral dissertation). University of Science and Technology, Cochin. Widhiarso, W. (2010). Berkenalan dengan analisis mediasi: Regresi dengan melibatkan variabel mediator (Bagian pertama). Unpublished Manuscript, 1, 1-5. Widhiarso, W. (2017). Hasil Uji Statistika yang Tidak Signifikan dan Ukuran Efek Kecil Bukanlah Sebuah Kegagalan dalam Penelitian. Widodo, B. P., & Amir, M. (2016). Hubungan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Wulandari, D., & Budiani, M. S. (2020). Hubungan Antara Social Comparison Dengan Materialisme Pada Pelajar SMK X Di Kota Kediri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 7, 121-33.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5130
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh social comparison terhadap perilaku konsumtif pada remaja akhir di Kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja akhir yang berada pada rentang usia 18 tahun sampai 22 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 151 subjek penelitian yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu social comparison dan perilaku konsumtif. Skala social comparison yaitu Iowa-Netherlands Comparison Orientation Scale (INCOM) yang diadapatasi oleh Fuad (2023) berdasarkan skala Gibbons dan Bunnk (1999). Sedangkan, skala perilaku konsumtif oleh Wulandari (2019) berdasarkan aspek yang dijelaskan oleh Fromm (1955). Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear sederhana nilai sig > 0,05 atau 0,512 > 0,05 dan nilai FHitung < FTabel atau 0,432 < 3,9 yang menujukkan tidak terdapat pengaruh independen (social comparison) terhadap variabel dependen (perilaku konsumtif). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak dan dinyatakan tidak terdapat pengaruh social comparison terhadap perilaku konsumtif.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSocial Comparisonid_ID
dc.subjectPerilaku Konsumtifid_ID
dc.subjectRemaja Akhirid_ID
dc.titlePENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA AKHIR DI KOTA SAMARINDAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record