• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Education and Teacher Training
  • Sport Education
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Education and Teacher Training
  • Sport Education
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PERMAINAN LEAPSHOOT CHALLENGE TERHADAP KETERAMPILAN MELEMPAR PADA SISWA SMP

Thumbnail
View/Open
COVER (331.3Kb)
BAB I (51.33Kb)
BAB II (374.1Kb)
BAB III (130.5Kb)
BAB IV (41.48Kb)
DAFTAR PUSTAKA (90.00Kb)
LAMPIRAN (1.780Mb)
SKRIPSI (3.176Mb)
Uji Turnitin (724.7Kb)
Bebas Peminjaman (146.5Kb)
Date
2024-07-24
Author
Sabilillah, Hidayat Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Leapshoot Challenge terhadap keterampilan melempar siswa SMP. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan beberapa permasalahan bahwa banyak siswa kurang aktif dalam gerak dan kurang bersemangat dalam pembelajaran olahraga. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu kurangnya variasi dalam metode latihan, fasilitas yang kurang memadai, keterbatasan waktu saat latihan, serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajarkan teknik motorik yang benar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Samarinda yang mempunyai jumlah 10 kelas dengan keseluruhan populasi 229 siswa. Teknik sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu siswa umur 12 13 tahun, sehingga terpilih 23 siswa dikelas VII D. Instrumen yang digunakan adalah lemparan menggunakan papan target untuk menentukan hasil pretest dan postest. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Hasil pretest dan posttest dibandingkan untuk menentukan pengaruh permainan Leapshoot Challenge. Analisis data menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Demikian Uji Hipotesis (Paired Sampel Test) menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, dengan nilai Sig (2-tailed) adalah 0,001 yang kurang dari 0,005 H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan Leapshoot Challenge memiliki pengaruh dan perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan melempar siswa SMP.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5151
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback