PENGARUH ALAT BANTU PAPAN PELAMPUNG TERHADAP KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Renang Salah satu komponen pelajaran olahraga di sekolah dasar, memiliki manfaat luas dalam
pengembangan fisik, psikologis, dan sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengevaluasi bagaimana penggunaan papan pelampung berdampak pada keterampilan renang
gaya bebas pada siswa sekolah dasar di Club GSS Samarinda. Namun, banyak siswa di sekolah
dasar ini masih kurang dalam keterampilan renang gaya bebas. Jenis penelitian ini kuantitatif,
populasi terdapat 50 siswa sampel penelitian terdiri dari 30 siswa menggunakan penelitian
purposive sampling, pada penelitian ini menggunakan intrumen tes keterampilan renang gaya
bebas 25 meter melalui pretest dan posttest. Nilai rata-rata kemampuan siswa 12.53 (±2.030) pada
pretest menjadi 23.70 (±2.366) pada posttest. Uji korelasi menunjukkan hubungan signifikan antar
variabel dengan koefisien korelasi sebesar 0.810. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang
signifikan antara pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi 0.000. Uji efektivitas dengan skor
N-Gain menunjukkan kategori "sedang" dengan nilai rata-rata 0,6473 dan kategori "cukup efektif"
dengan nilai rata-rata 64,73%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan papan
pelampung meningkatkan keterampilan renang gaya bebas siswa sekolah dasar secara signifikan.
Alat bantu ini memudahkan siswa dalam belajar mengatur posisi tubuh, gerakan kaki dan tangan,
serta teknik pengambilan napas.

