| dc.identifier.citation | Anggraini, Fitria Dewi Puspita, Aprianti, Vilda Ana Veria Setyawati, and Agnes Angelia Hartanto. 2022. “Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS Untuk Uji Validitas Dan Reliabilitas. ” Jurnal Basicedu 6(4):6491–6504 Anggreni, Dhonna. 2022. Penerbit STIKes Majapahit Mojokerto Buku Ajar. Anggreni, Dhonna. 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. edited by E. D. Kartiningrum. Mojokerto: STIKES Majapahit Mojokerto Ashish Sinha, Nikita Shrivastava, Sagar Atre, dan Suparmanto (Intellecap Advisory Services) serta Naletha G. E. Pangemanan, M. F. M. (Spire R. P. L. . (2022). Penilaian Pasar Untuk Produk dan Layanan Kebersihan Tangan Di Indonesia. Aslami, A. D. , KHB, M. A. , & Endah H, D. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363. https://doi. org/10. 23887/ijerr. v2i3. 22627 Baguala Bay Kasmiati, Ambon, Arvicha Fauziah, Hasnawati Nukuhaly, Prodi DIII Kebidanan Ambon, Poltekkes Kemenkes Maluku Jl Laksdya Leo Wattimena, and Negeri Lama -Ambon. 2023. “Edukasi Personal Hygiene Secara Head To Toe Pada Anak Usia Dini Di Ra Mutiara Btn Prumnas Blok 2 Desa Waiheru Kec. Teluk Ambon Baguala Head To Toe Personal Hygiene Education In Early Children At Ra Mutiara Btn Prumnas Blok 2 Waiheru Village Kec. ” Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN) 2(1). BPS. 2018. “Proporsi Populasi Yang Mempunyai Kebiasaan Cuci Tangan Yang Benar Menurut Wilayah (Persen). ” Badan Pusat Statistik Dewi, P. Y. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Mangge 2 Desa Mangge Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Endayani, T. , Rina, C. , & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi. org/10. 32505/al- azkiya. v5i2. 2155 Faisal, F. (2021). Pengaruh Return on Asset dan NonPerforming Loan Terhadap Capital Adequacy Ratio Pada PT Bank Mega Tbk. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 4(1), 61– 69. https://doi. org/10. 33753/madani. v4i1. 145 Gusnita, S. , Arneliwati, & Nopriadi. (2022). Gambaran tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) dan kesehatan lingkungan pada anak usia sekolah dasar. JOM FKp, 9(2), 189–194. Hadiyanto, A. W. R. , & Suyadi, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Diferensiasi Otak Siswa Laki-laki dan Perempuan Pada Kelas Khusus Perspektif Neurosains. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1995–2007. https://doi. org/10. 31004/edukatif. v5i5. 5407 Halimung, H. (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatan Kemampuan Multiple Intelegence Siswa MTs Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 107–118. https://doi. org/10. 58230/27454312. 86 Hudzaifah, N. , & Apriliawati, A. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Praktek Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Panti Asuhan Aisyiyah Jakarta Pusat. JakHKJ, 7(1), 1–8. Ikasari, F. S. , & Anggana, R. (2020). Pengetahuan Anak Usia Sekolah tentang Cuci Tangan yang Benar di Kecamatan Martapura. Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 316–328. https://doi. org/10. 32584/jpi. v4i1. 437 Juliansyah, E. , & Zulfani, S. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa Melalui Pendidikan Personal Hygiene Di SMP Muhammadiyah Sintang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 119–128. https://doi. org/10. 25008/altifani. v1i2. 140 Kasmiati, Fauziah, A. , & Nukuhaly, H. (2023). Edukasi Personal Hygiene Secara Head To Toe Pada Anak Usia Dini Di Ra Mutiara Btn Prumnas Blok 2 Desa Waiheru Kec. Teluk Ambon Baguala Head To Toe Personal Hygiene Education In Early Children At Ra Mutiara Btn Prumnas Blok 2 Waiheru Village Kec. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(1). https://ejurnal. stipas. ac. id/index. php/jmmn Lediana, Dhea, N. , & Panamuan, F. blandina. (2024). Pengaruh Metode Ceramah , Diskusi Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Peserta Didik. 2(3), 301–308. https://doi. org/10. 61132/bima. v2i3. 1073 Luthfi, A. H. , Khairunnas, Siregar, M. F. , & Zakiyuddin. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahan Pencegahan Covid-19 pada Siswa SDN Peunaga Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat. Jurnal Jurmakemas, 01(02), 97–109. http://jurnal. utu. ac. id/JURMAKEMAS/article/view/4802 Mahardika, I. K. , Winanda, ika adma, Suci, shinta dewi, & Rofiqoh, vivi fadilatul. (2014). Tugas-Tugas Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Usia 12-15 Tahun (SMP) I. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 10(10), 370–374. Mardhiati, R. (2022). Variabel Pengetahuan Dalam Penelitian Kesehatan Masyarakat. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(1), 163–171. https://doi. org/10. 37817/ikraith- humaniora. v7i1. 2286 Mutmawardina. M, Rahmah, H. , Muhsanah, F. , Andi Asrina, & Nurul Hikmah B. (2023). Perbedaan Metode Ceramah Dan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Di SD Inpres Binanga 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022. Window of Public Health Journal, 4(2), 274–285. https://doi. org/10. 33096/woph. v4i2. 744 Muzni, H. , Efendi, I. , & Maryanti, E. (2023). Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa / I Di Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Jurnal Kesehatan Dan Fisioterapi, 3(1), 45–50. Normila, & Mashar, H. M. (2021). Edukasi Personal Hygiene pada Remaja sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Infeksi pada Siswa SMA di Kota Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 530–535. http://journal. umpalangkaraya. ac. id/index. php/pengabdianmu/article/view/2085 Nugraha, C. P. , & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 70–75. https://doi. org/10. 26740/jupe. v8n3. p70-75 Pertiwi, W. E. , & Karmila, K. (2020). Determinan Personal Hygiene pada Siswa-Siswi Asrama. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(04), 239–247. https://doi. org/10. 33221/jikm. v9i04. 733 Purimahua, S. L. (2019). Efektivitas Metode Demonstrasi sebagai Cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Mahasiswa FKM Undana Tahun 2019. Jurnal Communio, 8(1), 1260–1263. Rastini, N. K. , & Marwati, N. M. (2018). Perbedaan Penggunaan Metode Ceramah Dengan Metode Ceramah Kombinasi Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa. Jurnal Kesehatan Lingkungan (JKL), 8(1), 13–22. https://doi. org/10. 33992/jkl. v8i1. 344 Riyanto, A. , & Trisharsiwi. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi terhadap Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V SDN Kotagede Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 406–410. Rohmah, N. , & Safika, S. A. (2023). Peran Kader Kesehatan Remaja SMPN 39 Samarinda dalam Pembuatan Media Edukasi Mengenai PHBS di Sekolah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 643–651. https://doi. org/10. 30653/jppm. v8i3. 386 Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89. https://doi. org/10. 37249/assalam. v6i1. 384 Sari, S. P. , Amin, M. , & Pratiwi, B. A. (2021). Pengaruh Edukasi Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Saat Mentruasi Pada Remaja Putri Dengan Metode Ceramah Di Rt 11 Kelurahan Cempaka Permai Kota Bengkulu. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 16(2), 112–118. https://doi. org/10. 36085/avicenna. v16i2. 1984 Sarwoko, S. , & Harto, T. (2018). Abstrak : Cuci Tangan Pakai Sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan Tangan dan jari-jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi lebih bersih dan memutuskan mata rantai kuman . Metode penelitian menggunakan quasi exper. 2(September). Septiana, N. , Melisa, F. , & Ovany, R. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ) pada Siswa / i Kelas V di SDN 12 Langkai Kota Palangka Raya. Jurnal Surya Medika, 10(2), 302– 309. Setiawan, Z. , & Lastya, H. A. (2021). Penerapan TGT ( Team Games Tournament ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 05(2), 131–137. Sianipar, E. , Ridwan, M. , Ibnu, I. N. , Guspianto, G. , & Reskiaddin, L. O. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Mahasiswa Universitas Jambi Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kesmas Jambi, 5(2), 55–62. https://doi. org/10. 22437/jkmj. v5i2. 13693 Sinaga, S. , Br Barus, L. , Singarimbun, N. B. , Zega, D. F. , Simanjuntak, H. A. , Purba, H. , Program, ), Radiodiagnostik, S. , Radioterapi, D. , Tinggi, S. , Kesehatan, I. , Pendidikan, S. , Bidan, P. , Studi, P. , Kebidanan, S. , & Farmasi, S. S. (2023). Penyuluhan Program Phbs Cuci Tangan Di Sd Negeri 106165 Marindal I Deli Serdang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 149–153. http://journal. universitaspahlawan. ac. id/index. php/cdj/article/view/12062 Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). CV. Alfabeta, 1–274. http://belajarpsikologi. com/metode-penelitian- kualitatif/ Suryana, E. , Hasdikurniati, A. I. , Harmayant, A. A. , & Harto, K. (2022). Magister Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN). 8(3), 1917–1928. Syahida, A. , Uli Dayanti, & Dahlia Linda Vera. (2022). Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Siswa/i di SMA Muhammadiyah Kota Langsa. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(3), 393–399. https://doi. org/10. 55123/abdikan. v1i3. 840 Toar, J. , Jamil, J. , Usoh, E. J. , Lengkong, J. S. J. , & Rotty, V. N. J. (2023). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Video dan Gerak Lagu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 673–680. https://doi. org/10. 31949/educatio. v9i2. 4610 Ummah, M. S. (2019). Diabestes melitus. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca. caf. com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng- 8ene. pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx. doi. org/10. 1016/j. regsciurbeco. 2008. 06. 005%0A https://Www. Researchgate. Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_St Rategi_Melestari Utami, P. S. (2016). Pengaruh Gayabelajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Smp. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 9–16. https://doi. org/10. 24269/dpp. v4i1. 54 Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi. org/10. 22146/jfi. 24410 Wijaya, D. R. (2023). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Santri TPA Nurul Muallim Kab. Gowa. Sociality: Journal of Public Health Service, 2, 65–69. https://doi. org/10. 24252/sociality. v2i1. 36279 Yakina, A. N. , Adi, S. , & Ariwinanti, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Team Game Tournament (TGT) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pencegahan Penyakit Diare di Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Sport Science and Helath, 2(2017), 145–151. http://download. garuda. kemdikbud. go. id/article. php?article=1684642&val=18299&title=PENGARU H Pendidikan Kesehatan Menggunakan Team Games Tournament Tgt Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pencegahan Penyakit Diare Di Siswa Kelas 5 S Yanti, M. , Alkafi, A. , & Bustami, B. (2019). Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa SD. Jik- Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), 80. https://doi. org/10. 33757/jik. v3i2. 219 | id_ID |