| dc.identifier.citation | Amalia, W., Abdilah, H., & Tarwati, K. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Profesi Ners. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 3(10), 3326-3337. Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat TigaD-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131.https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752 Ariyani, R. S. (2022). The Relationship Between Anxiety And Self- Confidence In English Language Learning. Journal Of English Education, 7(1), 28–35. https://doi.org/10.31327/jee.v7i1.1642 Asep Anwar, 2015 Perbandingan Level Self Confidence Dan Anxiety Atlet Berdasarkan Jenis Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu Aulia, S. & R.U. Panjaitan. “Kesjahteraan Psikologis dan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” Jurnal Keperawatan Jiwa. 7 (2019): 127-134 Azwar, Saifudin (2009). Reliabilitas dan Validitas. PustakaPelajar:Yogyakarta. Clarista, S., & Biromo, A. R. (2024). GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA FK UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2020. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1542-1545. Damanik, M., & Hastuti, N. (2019). Pengaruh pengalaman negatif terhadap kecemasan ringan: Studi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Perilaku, 17(3), 145-160. Della, d. (2019). Efikasi Diri dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Menjalani Perkuliahan Daring. Dewi, N. M. B. R. S., Subrata, I. M., Kardiwinata, M. P., & Ekawati, N. K. (2019). Tingkat Depresi Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2019. Jurnal Arc. Com. Health, 6(2), 1-16. Dimenggo, D., & Yendi, F. M. (2020). The Correlation Between Self- Confidence And Anxiety In Encounter The Work Environment Of Final Semester Students. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.24036/00357kons2021 Fokatea, F. A., Muzakkir, M., & Yusnaeni, Y. (2023). Hubungan Self Efficacy Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Stikes Nani Hasanuddin Makassar. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penulisan Keperawatan, 3(5), 142-147. Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1),36.https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015 Hardina Saputri. (2022) Hubungan Efikasi Diri Dengan Ansietas Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Hartono, D. R. (2012). Pengaruh self-efficacy (efikasi diri) terhadap tingkat Hasan, A. M. dan Darmono. (2015). Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Semester. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Jayanti, N. K. A. E., Krisnawati, K. M. S., & Devi, N. L. P. S. (2021). Hubungan Self-Efficacy Dengan Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Menghadapi Ujian Praktik Laboratorium. Coping: Community Of Publishing In Nursing, 9(3), 287–296. https://doi. org/10.24843/coping.2021.v09.i03.p07 kecemasan mahasiswa fakultas kedokteran universitas sebelas maret. Judha, M., & Josephine D. Lorica. (2022). MIKKI Voll. 11/No,1/April/2022 Majalah lima Keperawatan dan Kesehatan Indonesia. 1,8-16. Mahbub, A. 2021. Pemanfaatan Museum Bank Indonesia sebagai Media dan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Malfasari, Devita, Erlin, & Filer. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru. In Jurnal Ners Indonesia (Vol. 152, Issue 3). https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jni.8.2.124-131 Manurung, A., Pratamah, A., & Elvariani, A. (2022). Efikasi Diri Dengan Ansietas Dalam Menghadapi Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(4), 187-191. Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penulisan Guru Indonesia), 3(2), 84. https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005 Mawarni, D. I., & Wahyuni, E. S. (2022). Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa sarjana keperawatan selama pembelajaran daring di Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(4), 334-340 Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19. 3. Http://Repository.Unugha.Ac.I d/Id/Eprint/858 Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2017). Abnormal Psychology In A Changing World (10th Ed). London, UK: Pearson Education, Inc. Nugraha, A. D. (2020). Memahami Kecemasan: Perspektif Psikologi Islam. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.1-22 Parmasari, W. D., Hakim, N., & Soekanto, A. (2022). Comparison of student anxiety levels in facing CBT exams based on gender. Journal of Agromedicine and Medical Sciences, 8(2), 115-119. Pebriyana, H. (2017). The Correlation Of Students’ Anxiety And Self-Confidence Toward Their Speaking Ability. Journal Of Languages And Language Teaching, 5(1), 28–33. https://doi. org/10.33394/jollt.v5i1.331 Prasetyo, T., & Dewi, R. (2021). Pengaruh kecemasan terhadap produktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(3), 120-134. Rista. (2014). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. in Thesis. Universitas Negeri Makassar. Rizki, Muhammad, Avuan. 7 Jalan Mahasiswa - Google Books. Ke-1. Sukabumi: CV Jejak, (2018). Accessed October 11, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/7_jalan_mahasiswa/LYB8DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=mahasiswa+ialah&printsec=frontcover. Rubiyanti, R. (2018). Respon kognitif pada kecemasan ringan dan pengaruhnya terhadap kemampuan menyelesaikan masalah. Jurnal Psikologi Klinis, 21(2), 88-101. Safaria, T., & Saputra, N. E. (2009). Manajemen Emosi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kecemasan menyusun skripsi pada mahasiswa keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1-7. Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian sekolah ditinjau dari jenis kelamin. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2). Stuart, G.W. (2016). Buku Saku KeperawatanJiwa. Jakarta: EGC Sugiyono. (2017). Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2018. Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susilo & Eldawaty (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal ilmiah bimbingan dan konseling, vol. 4 no. 2 2021 hal 105-113. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j consilia. Sutryawan, A. (2021). Metodologi Penulisan kedokteran dan Kesehatan (N. F. Atif (Ed.)). PT Refika Aditarma Tim Riset Kesehatan Dasar 2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2019 Wardhani, D.K. (2015). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. WHO. (2021). Anxiety Disorder And Other Common Mental Disorders. Wisudaningtyas, A. (2012). Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Skripsi Ditinjau dari Self Efficacy pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(2). 89-92. DOI: https://doi.org/10.15294/lik.v41i2.2343 | id_ID |