Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Pencegahan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di SMAN 11 Samarinda
Abstract
Perilaku seks pranikah menjadi fenomena meresahkan dilakukan oleh sebagian besar remaja yang berada di bangku SMU/SMK. Penyebabnya adalah rendahnya pengetahuan dampak seks pranikah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan model peer group terhadap pengetahuan seks pranikaah siswa di SMA 11 Samarinda. Metode penelitian Quasy experimental pre and post with control gorup Design. Populasi sebanyak 246 siswa kelas X di SMA 11 Samarinda. Sampel penelitian ini menggunakan pupposive sampling sebanyak 26 siswa. Instrumen Penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan seks pranikah. Analisa data menggunakan uji paired t-tets dan uji independent t-test. Hasil penelitian rata-rata skor pengetahuan sebelum sebesar 20,23 meningkat menjadi 23,62. Uji paired t test menunjukkan p-value pengetahuan 0,001<0,05. Artinya ada pengaruh pengetahuan seks pranikah setelah diberikan pendidikan kesehatan model peer group. Hasil uji t independent diperoleh p-value pengetahuan 0,011 <0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan pengetahuan pada kelompok eskperimen dan yang tidak dilakukan pendidikan kesehatan model peer group.