Show simple item record

dc.contributor.authorNur Azizah, Regina
dc.date.accessioned2025-10-09T03:47:57Z
dc.date.available2025-10-09T03:47:57Z
dc.date.issued2025-01-21
dc.identifier.citationAmin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31. Alfaini, D., Universitas, A., Saleh, S. E., Abdurachman, U., Situbondo, S., & Praja, Y. (2022). PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APOTEK AL AFIAH MANGARAN SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(8), 1559–1572. Annisa, N., Yulia, I,D., Reni, Z. (2023). FAKTOR FAKTOR YANG MEMOENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER AWAL SEBELUM UJIAN SKILL LABORATORY Aristawati, A. R., Psi, S., & Psi, M. (2020). Kecemasan Akademik Mahasiswa Menjelang Ujian Ditinjau dari Jenis Kelamin. In Universitas (Vol. 1, Issue 01). Bening, D., Putri, A., Nurcahyani, N., & Rahmasari, R. (2022). Validitas Instrumen Penilaian Penguasaan Materi Pada Siswa Kelas 2 Sekolah. Buhari, B., Widiawati S., Ellijayanti, A.(2022). HUBUNGAN PERAN PRECEPTOR DAN PENGETAHUAN MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN KECEMASAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK KLINIK DI RUMAH SAKIT %20Artikes%20Asyiyah%20Palembang. Chafsoh, A. M. (2020). MUNCULNYA CULTURE SHOCK PADA MAHASISWA BARU DALAM PERKULIAHAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Dhiya Nur Rizqi, F., & Ediati, A. (2020). DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR. In Jurnal Empati (Vol. 8, Issue 4). Daulay, A. A., Shelia, F., Putri, Y., Aunilla, M. H., Sitompul, M. I., Simarmata, S., Negeri, U. I., & Utara, S. (2023.). Islam, U., Muhammad, K., Al-Banjari Banjarmasin, A., ANALISIS KEMATANGAN EMOSI MAHASISWA DITINJAU DARI MAHASISWA YANG NGEKOS DENGAN MAHASISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUANYA. https://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/AN-NUR Devi, Trishanti, A,K., Komang, T,S., Wayan, E,A. (2022). HUBUNGAN ADIKSI INTERNET DENGAN DEPRESI DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS WARMADEWA ANGKATAN 2018 DAN 2019 Fajar Noorrahman, M., Sairin, M., & Janati, J. (2023). Peran Dukungan Sosial Dalam Mengurangi Prasangka Sosial Pada Mahasiswa Baru Yang Berstatus Sebagai Mahasiswa Pendatang. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1751– 1756. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.886 Fernandes, A. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ALFAMART KAYUAGUNG. http://jurnal.um- Febriyanti, P, S., Sulistiowati, D, M, N., Swedarma, E, K., Gambaran Persepsi dan Pengalaman Mahasiswa Baru Keperawatan pada Fase Awal Perkuliahan. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati e-ISSN 2550-0864 Vol. 8, No. 2, Mei (2023), pp. 126-138 p-ISSN 2502-5570 488-1687-1-PB. Fadhilah, D. N., Kankan Parmikanti, & Budi Nurani Ruchjana. (2024). Peramalan Return Saham Subsektor Perbankan Menggunakan Model ARIMA-GARCH. Jurnal Fourier, 13(1), 1–19. https://doi.org/10.14421/fourier.2024.131.1-19 Hadi, R., Sastrawijaya, Y., & Oktaviani, V. (2020.). PENGARUH PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SOAL TEST DI SMAN 100 JAKARTA. Hidayat, R., & Hayati, H. (2019). Jurnal Ners Volume 3 Nomor 2 Tahun. Hikmah, & Muslimah. (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes Dalam Menunjang Hasil Belajar PAI. Palangkaraya International and National Conference on Islamic Studies, 1(1), 345– 356. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/520 Hartati, J., Achadi, W., & Mirza Naufa, M. (2022). Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang. Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya, 5, 2599–2473. https://doi.org/10.31538/almada.v5i4.2889 Husniyah Himmatul (2023). Kegiatan Retorika Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah, P., & Husniyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran Lamongan, H. (n.d.). Pengaruh Kegiatan Retorika Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih. Irfan Syahroni, M., STIT Al-Aziziyah, D., TGH Umar Abdul Aziz kapek Gunung Sari Lombok Barat, J. I., & pos, kode. (2022). PROSEDUR PENELITIAN KUANTITATIF. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 43(3). Iyabu, H., Ischak, N. I., Supriadin, Y., & Alio, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) dengan Bantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2). Junaidi, J. (2023). Membuat Box-Plot dengan Program Minitab dan SPSS. Jaya, A. A. (2019). Kajian Empiris Perbandingan Kekuatan Uji Program Studi Matematika Khoirunnisa, S., Dian Kurniati, F., & Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta, S. (2022.). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA RELATIONSHIP OF ANXIETY LEVEL WITH ADJUSTMENT IN STUDENTS NURSING SCIENCE PROGRAM IN STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA. Lainsamputty, F, Priscillia M. Saluy. (2023). HUBUNGAN DATA DEMOGRAFI, KARAKTERISTIK TENTANG COVID-19, DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA PROFESI NERS DI MASA PANDEMI. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 12 No.1. Listyawati, I., & Kristiana, I. (2020). Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Size Company dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan (Vol. 10, Issue 2). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX Murdiyanto, J., Claudia, C., Puspito, H., Anestesiologi Program Sarjana Terapan, K., & Ilmu Kesehatan, F. (2023). KOSALA. In Jurnal Ilmu Kesehatan (Vol. 11, Issue 2). Mafaza Jannati Herman, T., Azizah Rovilla, K., Rahman, A., Fanny, S., Irfan, M., Studi Psikologi, P., & Psikologi dan Kesehatan, F. (n.d.). Halaman 79-85 Volume 1 Nomor 3 Tahun 2024 Journal of Exploratory Dynamic Problems 79. Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156 Meliala, S., Tobing, L., Nursiti, D., Lumbanraja, K., Psikologi, P. S., Farmasi, F., & Kesehatan, D. I. (2021). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA PGSD TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. Jurnal Psychomutiara, 4, 92–114. Mukhtar Asrul Abdul Hasan Saragih, (2022) EVALUASI%20PEMBELAJARAN. Ningrum, E. W., Widuri, T., & Harianto, K. (2024). PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EVA DAN MVA. Neraca Manajemen, Ekonomi, 4. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359 Nurdaniati, S., & Azmi, S. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application Hubungan antara kecemasan menghadapi ujian dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 183. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index Nurul Izzah, I., & Indrijati, H. (2024). The Impact of Behavioral Cognitive Counseling (CBT) on Academic Anxiety in College Students Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku (CBT) Terhadap Kecemasan Akademik pada Mahasiswa. Maret, 13(1), 42–49. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v13i1 Pendidikan, J., & Konseling, D. (2022). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Evaluasi Pelaksanaan Ujian Osce Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4. Puspa, S. D., Riyono, J., & Puspitasari, F. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Putra, S., Syahran Jailani, M., Hakim Nasution, F. (2023). Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro Wilk. J- HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7– 11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42 Reza, F, M., Nopiyad, D. (2022). Pendidikan, J., & Konseling, D. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran berbasis Game Edukasi Wordwall pada Mata Kuliah Jarigan Komputer (Vol. 4). Rizqi, F. D. N., & Ediati, A. (2020). Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal EMPATI, 8(4), 725–730. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26516 Rajak, J., Paramata, A., & Umar, D. D. (2023). Evaluasi Ujian Tengah Semester Menggunakan Model Kirkpatrick Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 180–186. Rumagit.S.S., Henny, N.T, Viktory N.J.R, Jolie. P (2022). EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN OSCE MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS Rahmanto, Y., Farhan Randhika, M., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). APLIKASI PEMBELAJARAN AUDIT SISTEM INFORMASI DAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS MOBILE. Jurnal TEKNOKOMPAK, 14(2), 62. Sula, K., & Kristianingsih, S. A. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Akademik terhadap Ujian Praktik pada Mahasiswa UKSW. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358 Sugiharno, R. T., Ari Susanto, W. H., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189–1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760 Sintia, I., Danil Pasarella, M., & Andi Nohe, D. (2022). Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya Terbitan II. Suha, Yantris., Nauli, F, A., Karim, D. (2022) GAMBARAN BURNOUT PADA MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN Setyawan, A., & Oktavianto, E. (2020). Efektifitas Aromaterapi Lavender terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Berkala Kesehatan, 6(1), https://doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8356 Savitri, P, A, C., Swandi, N, L, I, D. (2023). ntervensi Kecemasan Pada Mahasiswa : Literature Review, Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi Vol. 4, No. 1, Januari 2023 (42-54) e-ISSN : 2720 – 8958 DOI : 10.24014/pib.v4i1.20628 Tim Dosen. (2019) Uji Chi Square Modul Perkuliahan 12 UNIVERSITAS_ESA_UNGGUL, 21. Ulfah Ayudytha, A., Hamid, A., Waruwu, A., Tinggi Ilmu Kesehatan Pekanbaru Medical Center, S., & Tinggi Hangtuah Pekanbaru, S. (2020.). HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT KECEMASAN LANSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REJOSARI PEKANBARU. Walean, C. J. S., Pali, C., & Sinolungan, J. S. v. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL BIOMEDIK (JBM), 13(2), 132. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31765 Wulan, N., Mawaddah, A. U., & Mulyati, S. A. (2023). HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT 1 PRODI S1 KEPERAWATAN DI STIKES KUNINGAN. National Nursing Conference, 1(2), 210–221. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.863 Winda.L & Wulandari, A.D Pendidikan, J., & Konseling, D. (2021.). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Akademik terhadap Ujian Praktik pada Mahasiswa UKSW (Vol. 5). Wardani, T. A., Prasetiyo, W. H., & Gunarsi, S. (2023.). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kecemasan dalam Penyelesaian Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2). Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5193
dc.description.abstractLatar Belakang : Kecemasan adalah suatu kondisi psikologis individu yang muncul karena ada pemicu yang ditandai dengan perasaan takut, tegang, khawatir, gelisah disertai respon fisik seperti jantung berdetak kencang tekanan darah naik dan lain sebagainya tergantung yang dirasakan setiap individu. Kecemasan biasa terjadi pada mahasiswa terutama dalam lingkup akademik, salah satu cara yang dapat mengurangi kecemasan yaitu Dukungan Sosial (Orang tua dan Teman sebaya). Dukungan Sosial merupakan suatu bentuk dukungan yang diberikan kepada indivdu yang sedang mengalami kesulitan untuk mengurangi perasaan cemas yang sedang di rasakan. Tujuan : Untuk mengetahui Hubungan Antara Dukungan Sosial (Orang Tua dan Teman Sebaya) Dengan Kecemasan Mahasiswa Semester 1 Dalam Menghadapi Evaluasi Pembelajaran di Program Studi S1 Keperawatan UMKT. Metode : Penelitian ini menggunakan alat ukur Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS) dengan skala Likert, dan alat ukur Dukungan Sosial (Orang Tua dan Teman Sebaya) yang diadaptasi melalui kuesioner Sarafino (2012) skala Guttman dengan nilai realibitas diperoleh 0,635. Desain penelitian ini adalah studi Cross Sectional.Sampel penelitian ini ditentutkan dengan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 108 responden. Data didapat menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan Analisa data univariat dan Analisa bivariate. yang digunakan adalah Uji Chi-square untuk mengetahui korelasi antara dua variable. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian dari uji statistic Chisquare diperoleh hasil (p value = 0,025 p value = <(0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan terdapat hubungan bermakna, yang berarti semakin besar dukungan sosial yang diterima maka akan mempengaruhi kecemasan yang dirasakan. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya melakukan penelitian Multiple regression dengan begitu dapat meneliti lebih dari dua variabel secara bersamaan, seperti meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi dukungan sosial dengan Kecemasan mahasiswa seperti faktor kebutuhan fisik, kebutuhan sosial dan kebutuhan psikis. Serta uji statistik Spearman Rank untuk melihat hasil korelasi bermakna dan kekuatan korelasinya. Kesimpulan : Ada Hubungan Antara Dukungan Sosial (Orang Tua dan Teman Sebaya) Dengan Kecemasan Mahasiswa Semester 1 Dalam Menghadapi Evaluasi Pembelajaran Di Program Studi S1 Keperawatan UMKT.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDukungan Sosialid_ID
dc.subjectOrang Tuaid_ID
dc.subjectTeman Sebayaid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.titleHubungan antara Dukungan Sosial (Orang Tua dan Teman Sebaya) dengan Kecemasan Mahasiswa Semester 1 Dalam Menghadapi Evaluasi Pembelajaran di Program Studi S1 Keperawatan UMKTid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Social Support (Parents and Peers) and The Anxiety of 1st Semester Students in Facing Learning Evaluation in The S1 Nursing Study Program of UMKTid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record