• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Variasi Celah Katup terhadap Emisi Gas Buang pada Dump Truck PS 125

Thumbnail
View/Open
COVER (1.523Mb)
BAB 1 (692.1Kb)
BAB 2 (895.1Kb)
BAB 3 (465.4Kb)
BAB 4 (608.9Kb)
DAFTAR PUSTAKA (635.5Kb)
LAMPIRAN (1.308Mb)
SKRIPSI (2.558Mb)
Date
2025-01-16
Author
Kiman, Muh Faisal
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh variasi celah katup terhadap emisi gas buang pada dump truck PS 125. Emisi gas buang yang diciptakan oleh kendaraan bermotor merupakan satu di antara penyebab utama polusi udara, yang mempengaruhi kualitas lingkungan dan kesehatan manusia. Satu di antara faktor yang memberi pengaruh tingkat emisi gas buang yakni kondisi sistem katup pada mesin kendaraan. Dengan demikian, penelitian ini dilaksanakan untuk memeriksa bagaimana variasi celah katup dapat memberi pengaruh emisi gas buang yang diciptakan oleh mesin dump truck PS 125. Metode yang dipergunakan di penelitian ini yakni eksperimen dengan variasi celah katup yang berbeda, kemudian diukur emisi gas buangnya menggunakan alat analisis emisi gas buang. Data yang didapatkan selanjutnya dilakukan analisis guna memeriksa hubungan antara variasi celah katup dan jumlah emisi gas buang yang diciptakan, contohnya CO, CO₂, NOx, serta HC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi celah katup yang lebih sempit cenderung menciptakan emisi gas buang yang lebih rendah, sementara celah katup yang lebih lebar menyebabkan peningkatan emisi gas buang. Berdasarkan hasil analisis, disarankan untuk menjaga celah katup dalam kondisi yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan guna mengoptimalkan kinerja mesin serta meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini besar harapannya mampu memberi kontribusi untuk pengembangan teknologi mesin kendaraan bermotor, khususnya guna meminimalkan emisi gas buang pada kendaraan berat seperti dump truck.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5209
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback