Show simple item record

dc.contributor.authorNasrullah, Anjar
dc.contributor.authorHidayat, Faried Rahman
dc.date.accessioned2018-09-14T13:59:18Z
dc.date.available2018-09-14T13:59:18Z
dc.date.issued2018-08-08
dc.identifier.citationA Potter & Perry, A. G. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik, edisi 7, Volume.3. Jakarta: EGC. Ahmad Rohani, (2010). Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta. Alimul & Hidayat, (2003).Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Edisi I.Jakarta: Salemba Medika Andriani, (2015). Hubungan Kualitas Tidur terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Akademik Kebidanan Internasional Pekanbaru Tahun 2018. Scientia Journal, 4, (1), 383-390. Amalia & Ardani (2013). Studi Komparatif Kualitas Tidur Perawat Shift dan Non Shift di Unit Rawat Inap dan Unit Rawat Jalan. Prosiding Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah, 1, (1), 17-13. Asmadi. ( 2008 ), Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta : EGC Baharudin & Esa Nur Wahyuni. (2010).Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Beck, M. (2011). Ilmu Gizi Dan Diet Hubungannya Dengan PenyakitPenyakit Untuk Perawat Dan Dokter.Yayasan Essentia Medica: Yogyakarta. Berdanier CB, Dwyer J Feldman E. 2008. Handbook of nutritional and food 2nded. New York: CRC Press. Brown JL, Beardsle WH, Prothrow-Stith D. 2008. Impact of school breakfast on children’s health and learning: an analysis of the scientific research. Sodexo Foundation. Boyle, G.J., Saklofske, D.H., & Matthews, G. (2012). Psychological Assessment, Clinical Neuropsychological Assessment Vol.III. London. Sage Publication. Buysse, D. J., et al. (1989). The Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI): A new Instrument for Psychiatric Practice and Research, Pittsburgh: Elsevier Scientific Publishers Ireland Ltd. Diakses tanggal 20 april 2014 Carpenito, L.J. (2009). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. EGC. Jakarta Cohen, R.J & Swerdlik, M.E. (2006). Psychological Testing And Assesment, An Introduction To Test And Measurement Fifth Edition. San Antonio. The McGraw-Hill Companies. Dahlan, S. (2014). Statistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika. Darryl B. Hill, Edgardo Menvielle, Kristin M. Sica & Alisa Johnson, (2010). An Affirmative Intervention for Families With Gender Variant Children: Parental Ratings of Child Mental Health and Gender, Journal of Sex & Marital Therapy, 36:1, 6-23, DOI: 10.1080/00926230903375560 Departemen Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat Direktorat Bina Upaya Kesehatan Puskesmas, 2009. Pedoman Pengukuran Kesegaran Jasmani. Jakarta. Dewi, S. R. (2014). Buku Ajar Keperawatan Gerontik.Yogyakarta: Deepublish Dharma, Surya. 2009. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar ________________2010. Manajemen Kinerja, Falasafah Teori & Penerapannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. ________________2013. Manajemen Kinerja, Falasafah Teori & Penerapannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes, Yogyakarta: Mitra Cendekia Press. Erina Utami Tandirerung, Et, Al. (2014). Hubungan Kebiasaan Makan Pagi Dengan Kejadian Anemia Pada Murid Sd Negeri 3 Manado. Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Unsrat Manado. Elnovriza, D., Yenrina, R., Bachtiar, H. (2008).Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Asupan Zat Gizi Mahasiswa Universitas Andalas yang Berdomisili di Asrama Mahasiswa. Padang.Dipublikasikan Fandiani M.Y. dkk. (2017). Pengaruh Terapi Dzikir Terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. Nurse Line Joural, 2, (1), 52-60. Gerard Lum. (2012). Two Concepts of Assessment. Department of Education and Professional Studies, King's College London, Waterloo Road, London, SE1 9NH. Gizinet. (2009). Pedoman Gizi Seimbang. http://gizi.depkes.go.id Guyton A.C, dan Hall,J.E. (2014). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 12.Penterjemah: Ermita I, Ibrahim I. Singapura: Elsevier Gunanthi, Ni Made Widi Widi Mas; Diniari, Ni Ketut Sri (2016). Prevalensi Dan Gambaran Gangguan Tidur Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana. Gollnick, Donna M., Chin, Philips. 2013.Multicultural Education In aPluralistic Society (Ninth Edition).USA : Pearson InternationalEdition. Gomo A T N. 2010. Healthy Breakfast, Healthy You dalam seminar sehari yang diakses tanggal 10 Agustus 2018 Hasdianah, dkk., 2014. Gizi, Pemantapan Gizi, Diet, dan Obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika. Hardiwinoto, Dr, 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat, accesed 28 Juni 2018. Haryadi Dwi Putra. (2012). Hubungan Kebiasaan Makan Pagi Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Negeri 47/Iv Jambi. Program Studi Pendidikan Dokter, Universitas UNJA. Skripsi tidak dipublikasikan. Hermawati, dkk. (2010). Riset. Hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi mahasiswa regular FIK UI. Universitas Indonesia Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta:Salemba Medika. ___ & Musrifatul Uliyah. (2012). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia. Surabaya : Health Books. Hasdianah (2014). Pemanfaatan Gizi, Diet dan Obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika. Hardinsyah, Aries M. (2012). Jenis Pangan Sarapan Dan Perannya Dalam Asupan Gizi Harian. 7(2):89–96. Hardiwinoto, Dr, (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat, accesed 28 Juni 2018. Hidayat, S. (2013). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Daya Tahan Konsentrasi Dalam Belajar. Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi tidak dipublikasikan. Ilyatun Niswah, dkk. (2014). Kebiasaan Sarapan, Status Gizi, Dan Kualitas Hidup Remaja Smp Bosowa Bina Insani Bogor. Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor, Bogor 16680, Jurnal Gizi dan Pangan, Juli 2014, 9(2): 97—102 Ismail, M.R. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Dalam Pengambilan Keputusan Remaja Di SMA Negeri 4 Samarinda. Skripsi, tidak dipublikasikan, Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia. Jetvig. (2010). Perubahan Konsumsi pangan dan Pola Kebiasaan Makan, Jakarta. Jokohadikusumo, Putranto, 2010. Pembangunan Gizi untuk Kualitas Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Puri Delco. Kaufman, A,. & Flanagen, D. (2009). Essentials Of WISC-IV Assessment Second Edition. San Antonio: The Psychological Corporation. Khafidin Thohir dkk (2013). Peningkatan Konsentrasi Belajar Menggunakan Metode Problem Solving. Program Studi Pendidikan Matematika. .Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kementerian Kesehatan Indonesia, 2010, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009, Jakarta : Kementerian Kesehatan RI Kusdiyati, Halimah and Faisaluddin, Jurnal Humanitas, Vol. VIII No.2 Agustus 2011, (Jurnal Universitas Islam Bandung) Lestari, Pemi L. (2009). Riset. Perbedaan kkualitas tidur pekerja shift saat menjalani shift pagi dengan saat menjalani shift malam pada PT. Kobame Propertindo. Universitas Indonesia. Lezak, M. (2004). Neuropsychological Assessment Fourth Edition. London, TX: Pearson Assesment. Musbikin, I. (2009). Mengapa Anakku Malas Ya ?. Yogyakarta: Diva Press. National Sleep Foundation. (2014). Poll Sleep In The Modern Family, 1010 North Glebe Road, Suite 300 Niswah, Ilyatun., Damanik, M Rizal.,Ekawidyani, Karina., 2014. Kebiasaan Sarapan, Status Gizi, danKualitas Hidup Remaja SMP Bosowa Bina Insani Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, Volume 9 edisi 2 halaman 97-102. Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Nurjanah. (2015). Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara. Skripsi, tidak dipublikasikan, Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia. Olivia, F. (2010). Mendampingi Anak Belajar. Jakarta: PT Elex media Komputindo. Ormord, J.E. (2011). Psikologi Pendidikan (Terjemahan Prof. Dr. Amitya Kumara). Jakarta: Erlangga PKKP., 2013. Deklarasi Pekan Sarapan Nasional (PESAN). Pusat pkkp.bkp.pertanian.go.id. Prasadja, A. (2009). Ayo Bangun Dengan Bugar Karena Tidur Yang Benar. Jakarta : Penerbit Hikmah Pratiaksa A. (2015). Hubungan kualitas tidur dengan kapasitas memori kerja pada siswa sekolah menengah atas [tesis]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Prifitera, A., Saklofske, D. H., & Weiss, L. G. (2005). Clinical use and interprelation. London: Sage Production. Putra. (2011). Tips sehat dengan pola tidur tepat dan cerdas. Yogyakarta : Buku biru. Rani Gartika Holivia Silalahi (2011). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Kebugaran Jasmani Pada Murid SMP ST. Thomas 3 Medan. Fakultas kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Riduwan, MBA. (2010). Belajar Mudah Penelitian : Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : ALFABETA (IKAPI). Rini, S. (2015). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Juanda Samarinda. Skripsi, tidak dipublikasikan, Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia. Riwidikdo, H. (2013). Statistika Kesehatan dan Aplikasi SPSS Dalam Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rohim Press. Riyanto, A. (2008). Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika Riyanto, A (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika Riwidikdo, H. (2013). Statistika Kesehatan dan Aplikasi SPSS Dalam Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rohim Press. Santrock, (2008). Perkembangan Masa Hidup ( terjemahan Diana Angela). Jakarta: Erlangga Setiawan & Saryono. 2011.Metodologi dan Aplikasi.Yogyakarta: Mitra CendikiaPress. Sherwood, Laura Iee. (2011). Fisiologi Manusia. Jakarta : EGC. Siyoto & Sari. (2016). Aplikasi dan Teknik Survey Bidang Kesehatan, Penyuting. Intan -Cetakan 1 – Yogyakarta; Literasi Media, 2016 Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Dian Rakyat. Sri hadayati (2015). Studi Perbedaan Daya Ingat Jangka Pendek dan Daya Konsentrasi Mahasiswa S1 keperawatan Kelas Pagi dan Sore di Stikes Muhammadiyah Samarinda Kalimantan Timur. Skripsi, tidak dipublikasikan, Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia. Sugiyono. (2015). Statistika Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. Sulistyoningsih. 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sunawan. 2009. Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang : UNNES. Sumantri M, dan Syaodih N. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Gramedia. Tabrani Rusyan. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. The Great British Sleep Survey .(2012). Effects of Sleep. Support by University Of Oxford & Sleepio. Uliyah Musrifatul dan A. Azis Alimul Hidayat. (2009). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika Waryono. (2010). Gizi Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Rihama Wasis. (2008). Pedooman Riset Keperawatan Praktis : Untuk Profesi Perawat. Jakarta : Buku Kedokteran EGC. Whescler, D. (2003). Weschler Intelegency Scale For Children-Fourth Edition. San Antonio, TX: Pearson Assesment. Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama. Wang Y, et al. (2012) Coiled-coil networking shapes cell molecular machinery. Mol Biol Cell 23(19):3911-22 Yi, H., Shin, K. dan Shin, C. (2006). Development of the Sleep Quality Scale. Journal of Sleep Research,15,309-16. Yudi. 2008. Manfaat Sarapan Pagi.Diakses tanggal 10 Agustus 2018 Zubaidi, A. (2009). Tes Inteligensi. Jakarta: Mitra Wacana Media.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/555
dc.description.abstractLatar Belakang : Terjadinya proses belajar membutuhkan konsentrasi. Tanpa konsentrasi, maka peristiwa belajar itu sesungguhnya tidak ada atau berlangsung. Dalam hal ini tidur yang cukup dan kebiasaan sarapan pagi dapat mempengaruhi konsentrasi seseorang. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang. Metode : Penelitian menggunakan desain Descriptive Correlation dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang dengan jumlah 89 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian : Berdasarkan data yang diperoleh mayoritas kualitas tidur baik sebanyak 50 (100.0%) dengan konsentrasi belajar baik dan minoritas kualitas tidur buruk sebanyak 38 orang (97.4%) dengan konsentrasi belajar kurang baik. Untuk minoritas selalu biasa sarapan pagi 12 (100.0%) dengan konsentrasi baik dan mayoritas yang tidak pernah sarapan pagi 7 (25.9%) konsentrasi baik dan konsentrasi kurang baik 20 (74.1%). Hasil uji statistik keduanya menunjukkan nilai P sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai p < 0,05 yang dapat di artikan H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara kualitas tidur dan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang. Kesimpulan : Ada hubungan antara kualitas tidur dan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang. Dapat diartikan bahwa kualitas tidur dan sarapan pagi dapat mempengaruhi konsentrasi belajar.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKualitas Tidurid_ID
dc.subjectKebiasaan Sarapan Pagiid_ID
dc.subjectKonsentrasi Belajarid_ID
dc.titleHubungan antara Kualitas Tidur dan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberangid_ID
dc.title.alternativeCorrelation between Sleeping Quality and Breakfast Habit with Learning Concentration on VIII Grade Students in State Junior High School 36 on Rapak Dalam Subdistrict of Samarinda Seberangid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record