Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Tingkat Akhir di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Tahun 2018
Abstract
Latar Belakang : Karya ilmiah merupakan suatu hasil tulisan yang berisi informasi pengetahuan yang didapat melalui belajar baik dilapangan maupun pustaka. Kemampuan mengungkapkan gagasan dan buah pikiran serta kecermatan dalam penggunaan istilah dan struktur bahasa harus dikua sai dengan baik pada penulisannya agar karya yang dihasilkan dapat dimanfaatkan, mengingat karya tersebut akan menjadi konsumsi masyarakat. Pada program pendidikan sarjana, mahasiswa pada akhirnya akan dihadapkan pada tugas akhir yang berupa tulisan karya ilmiah yang dikenal dengan istilah skripsi. Ketidakbiasaan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dapat menghambat mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, sehingga dalam prosesnya akan menemukan kesulitan. Mahasiswa juga manusia yang perlu dukungan sosial agar mereka dapat mencapai tujuan akhir mereka, terlebih dukungan sosial dari teman sebayanya. Dukungan yang diterima dari teman membuat perasaan lebih tenang, lebih termotivasi dan mengurangi tekanan yang dirasakan.
Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi dalam menyusun skripsi pada mahasiswa program studi S1 keperawatan tingkat akhir di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan validitas data yang digunakan adalah product moment. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus slovin. Analisa data penelitian menggunakan uji statistik yates correction.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi dengan nilai yang diperoleh yaitu Pvalue = 0,037 < tingkat signifikan α = 0,05. Pada risk estimate didapat nilai odd ratio = 2,560, artinya mahasiswa yang mendapat dukungan sosial yang tinggi berpeluang memiliki motivasi tinggi 2,560 kali lipat dibandingkan mahasiswa yang mendapat dukungan sosial yang rendah. Motivasi dapat ditingkatkan seiring dengan meningkatnya dukungan sosial yang diberikan kepada mahasiswa.