Hubungan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Siswa Siswi Kelas V SDN 018 Samarinda
Abstract
Latar Belakang : Anak usia sekolah merupakan masa anak memperoleh dasar pengetahuan untuk keberhasilan penyesuaian diri pada kehidupan dewasa dan memperoleh keterampilan tertentu. Mulai dari pemenuhan status gizi dan aktivitas fisik yang cukup. Dimana untuk tercapainya itu semua anak harus memiliki asupan gizi yang seimbang dan aktivitas fisik yang baik. Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan status gizi pada anak sekolah di SDN 018 Samarinda.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk Descriptive Corelation yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan korelatif antara variable independen dan variable dependen. Populasi penelitian ini adalah 129 responden dengan sampel yang digunakan adalah 98 responden. Analisi meliputi analisis univariat dan biavriat menggunakan Fisher Exact.
Hasil : Hasil penelitian menggunakan fisher Exact didapatkan nilai p Value 0.000 < 0.05 menunjukan ada hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi siswa/siswi kelas V SDN 018 Samarinda. Kesimpulan : Dari hasil penelitian didapatkan adanya suatu hubungan antara Aktivitas fisik dengan status gizi siswa/siswi kelas V SDN 018 Samarinda