Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Fitri
dc.contributor.authorZulaikha, Fatma
dc.date.accessioned2018-10-22T08:20:46Z
dc.date.available2018-10-22T08:20:46Z
dc.date.issued2018-07-04
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/616
dc.description.abstractLatar Belakang : Bahasa adalah suatu sistem komunikasi yang digunakan dengan sukarela dan secara sosial disetujui bersama. Kemampuan berbahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak. Kemampuan bahasa sensitive terhadap keterlambatan atau kerusakan pada sistem lainnya sebab melibatkan kemampuan kognitif, sensori motor, psikologis, emosi dan lingkungan disekitar anak, salah satu cara untuk dapat menstimulus perkembangan bahasa adalah dengan cara mendongeng selama 10-15 menit. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh mendongeng terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK ‘Aisyyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Samarinda Metode Penelitian : Penelitian Quassy Experimental dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design tanpa adanya kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan 42 anak usia 5-6 tahun kelas A1 dan A2. Analisa univariat menggunakan mean, median, standard deviasi, Convidence Interval. Lalu, analisa bivariat menggunakan uji wilcoxon Hasil Penelitian : Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa p = 0.000 atau < α0,05, maka H0 ditolak, artinya mendongeng berpengaruh pada perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK ABA 3 Samarinda. Kesimpulan dan Saran : Kegiatan mendongeng berpengaruh pada perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK ABA 3 Samarinda. Pemberian dongeng selama 10-15 menit dapat diterapkan di sekolah dan di rumah sebagai cara untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectMendongengid_ID
dc.subjectPerkembangan Bahasaid_ID
dc.subjectAnak Usia Prasekolahid_ID
dc.titlePengaruh Mendongeng terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Samarinda Tahun 2018id_ID
dc.title.alternativeStory Telling Effect to Pre-School Child Language Development on Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten (ABA) 3 Samarinda in 2018id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record