Show simple item record

dc.contributor.authorSagenah, Erti Nur
dc.contributor.authorHidayat, Faried Rahman
dc.date.accessioned2018-10-22T13:07:53Z
dc.date.available2018-10-22T13:07:53Z
dc.date.issued2018-07-06
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/619
dc.description.abstractLatar Belakang : Dalam proses pembelajaran tidak semua siswa dapat termotivasi dengan baik, sehingga memang perlu adanya peran guru dalam membangun motivasi siswa, motivasi belajar dapat dibangun dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, materi yang diajarkan, media pembelajaran, dan suasana lingkungan yang mendukung pembelajaran (Darutami, 2012). Kondisi lingkungan belajar mempunyai peranan penting pada proses pembelajaran. Misalnya, lingkungan belajar yang lengkap dengan sarana dan prasarana yang baik pasti akan lebih memudahkan para pendidik untuk melakukan tugasnya dengan baik (Febriyanti, 2012). SMPN 36 Samarinda berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan dengan no 421/058/HUK-KS/2004. SMPN 36 Samarinda sendiri berdiri pada tahun 2002. Tujuan penelitian : Mengidentifikasi gambaran motivasi belajar dan gambaran kondisi interior kelas terhadap kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 36 Samarinda Seberang Kalimantan Timur, mengidentifikasi adanya hubungan antara kondisi interior kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 36 Samarinda Seberang Kalimantan Timur. Metode Penelitian : Bentuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan metode penedekatan Cross Sectional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara membagikan kuesioner langsung kepada semua responden. Tekhnik analisa data mulai dari pemeberian coding, scoring, memasukkan data, cleaning, tabulating, data output. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov. Analisa bivariat menggunakan Spearmn Rank. Hasil dan Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ρ value < α (0,04 < 0,05) dan rhitung = 0,190 dengan tingkat kepercayaan 95%, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini terdapat hubungan bermkana antara kualitas interior kelas dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 36 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectMotivasi Belajarid_ID
dc.subjectKondisi Interior Kelasid_ID
dc.subjectSekolah Menengah Pertamaid_ID
dc.titleHubungan antara Kualitas Interior Kelas dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 36 Samarinda Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeCorelation between Class Quality Interior with Learning Motivation in Student to 8th Grade Student on State Junior High School 36 Samarinda East Kalimantanid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record