Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Yeni Ipah
dc.contributor.authorHidayat, Faried Rahman
dc.date.accessioned2019-01-09T06:54:42Z
dc.date.available2019-01-09T06:54:42Z
dc.date.issued2018-07-24
dc.identifier.citationAchmadi. A., Narbuko.C, (2005) metodologi penelitian , Jakarta, Bumi Aksara. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta. Atikah Proverawati, Erni Rahmawati.2012. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika. Azwar, Saifuddin. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset. Berns, R.M. (2004). Child, Family, School, Community: Sosializations and Support. 5thed. Forth Worth: Hartcourt Brace College Publishers. Danuwirahadi, P. 2010. Efektifitas metode expository teaching terhadap perilaku mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Dempsey&Dempsey. 2002. Riset Keperawatan: Buku Ajar & Latihan. Edisi 4. Jakarta: EGC. Depkes RI. (2007). Profil Kesehatan 2007. Departemen Kesehtan RI. Dharma, Kusuma Kelana (2011), Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian, Jakarta, Trans InfoMedia. Gunarsa, S.D., & Gunarsa, Y.S.D (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. Hidayat, A.A. 2007, Metode Penelitian Keperawatan dan teknik Analisa Data,. Penerbit Salemba medika. Ihsan, Fuad.(2008). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung:Rineka Cipta Press. Kementerian Kesehatan. 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Kemenkes RI, 2011. Promosi kesehatan di daerah bermasalah kesehatan panduan bagi petugas kesehatan di puskesmas, Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes Republik Indonesia. Available at: http://www.depkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/panduanpromkes-dbk.pdf. Maulana HDJ. Promosi Kesehatan.Jakarta:EGC.2009:5. Mubarak, Wahid Iqbal. 2006. Ilmu Keperawatan Komunitas. Jakarta: Salemba Medika. Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika. Potter, P.A & Perry, A.G (2005). Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, proses, dan praktik. Edisi 4. Jakarta: EGC. Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Perilaku Hidup bersih dan sehat di sekolah Riwidikdo. 2007. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Bina Pustaka. Sudayasa, P. 2009. Lima Upaya Dasar Program Kesehatan Lingkungan di Puskesmas(http://www.puskel.com/5-upaya-dasar-program kesehatanlingkungan-di-puskesmas/ (diakses tanggal 10 November 2017). Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan. Jakarta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori. Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Wati, R. 2011. Pengaruh Pemberian Penyuluhan PHBS Tentang Mencuci Tangan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan Pada Siswa Kelas V di SDN Bulukantil Surakarta. Skripsi.Kebidanan UNS. Surakarta. Yuliantantri, N. (2013). Pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelompok A di TK Ketintang Jaya Surabaya ninda. Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/820
dc.description.abstractLatar Belakang : cuci tangan merupakan cara menghindari penularan penyakit, terutama penyakit yang ditularkan melalui makanan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setiap tahunnya 100 ribu anak Indonesia meninggal karena penyakit Diare, Cacingan dan Influenza. Cuci Tangan Pakai Sabun dapat mengurangi angka kejadian penyakit sampai 47%, namun tingkat kesadaran anak sekolah untuk cuci tangan pakai sabun baru mencapai rata-rata 12%. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui perilaku siswa sekolah SDN 020 Samarinda Utara tentang cuci tangan pakai sabun (ctps). Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5-6 SDN 020 Samarinda Utara. Hasil Penelitian : Diketahui bahwa dari 66 responden didapatkan hasil sebagian besar memiliki perilaku kurang baik yang didapatkan dari analisa data yaitu 42 responden (63.6%) dan sebagian kecil perilaku baik yaitu 24 responden (36.4%). Kesimpulan : Mayoritas perilaku siswa tentang cuci tangan pakai sabun mempunyai perilaku kurang baik.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPerilakuid_ID
dc.subjectCuci Tangan Pakai Sabunid_ID
dc.subjectSiswaid_ID
dc.titleGambaran Perilaku Siswa tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Kelas 5-6 di Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Utaraid_ID
dc.title.alternativeThe Descriptive Study of Students'behavior about Washing Hands Using Soap (CTPS) of 5-6 Grade Students at SDN 020 North Samarindaid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record