Show simple item record

dc.contributor.authorHaidah, Nadia Nur
dc.contributor.authorPurdani, Kartika setia
dc.date.accessioned2019-01-09T07:03:54Z
dc.date.available2019-01-09T07:03:54Z
dc.date.issued2018-07-30
dc.identifier.citationAnggraeni, D.M., & Saryono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika, Yogyakarta. Andarmoyo, Sulistyo. 2012. Kebutuhan Dasar Manusia: Personal and Environment Hygiene. Ponorogo: Akedemi Keperawatan Universitas Muhamadiyah. A Potter, & Perry, A. G. 2007. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep,. Proses, Dan Praktik, edisi 4, Volume.2. Jakarta: EGC. Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Ayu HK. Aplikasi Praktis Asuhan Keperawatan Keluarga. (Jakarta: Penerbit Sagung Seto, 2010) Departemen Kesehatan Republik Indonesia,2006.Profil Kesehatan 2005.Jakarta. Depkes RI, Depsos RI, Depdiknas RI, Kemmeneg PP RI, UNFPA,BKKBN.2005. Kebijakan dan Strategi Nasional Kesehatan Reproduksi di Indonesia.Jakarta Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anakdan Remaja.Jakarta: PT BPK Gunung Mulia Kusmiran, Eny. 2011. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika. Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014.Jakarta : Kemenkes RI; 2015 Laily,Sulistyo. Pentingnya Personal Hygiene Untuk Kesehatan. Jakarta : CVSegung Seto ;2012 Notoatmodjo, Sukidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku . Jakarta : Rineka Cipta Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. (2010). Promoi Kesehatan Teori Dan Aplikasi, Jakarta : Rineka Cipta. Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian keperawatan.Jakarta Nursalam.(2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Potter, Patricia A. dan Anne G. Perry. (2009). Fundamental Keperawatan Buku 1 Ed. 7. Jakarta: Salemba Medika. Pratiwi, A. 2008. Hand Out Riset Keperawatan, UMS. Tidak dipublikasikan. Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, Teori dan Aplikasinya, Rajawali Pers, 2010. Pratiwi, Noviar. (2008). Hubungan pengetahuan dan sikap siswi terhadap PHBS di SDN Ngebel Kec. Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah tidak diplubiskasikan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta Riwidikdo,H.,2007.Statistik Kesehatan.Yogyakarta:Mitra Cendekia Press Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:Sagung Seto Siwach, Meena. (2009). Impact of Health Education Programme on the Knowledge and Practices of School Children Regarding Personal Hygiene in Rural Panipat: Kamla-Raj Int J Edu Sci, 1(2): 115-118 Sarwono. S.W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta. Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis untuk Profesi Perawat. Jakarta: EGC.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/838
dc.description.abstractLatar Belakang: Personal hygiene merupakan sebuah hal yang penting diketahui dan dilakukan setiap orang, terutama pada remaja. Perilku hygiene atau kebersihan dari diri adalah upaya seseorang dalam memelihara kebersihan dan kesehatan diringa untuk memperoleh kesehatan fisik dan bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit. Personal hygiene yang pada dasarnya harus diperhatikan yaitu personal hygiene yang mencangkup beberapa hal seperti, perawatan kulit kepala dan rambut (Siwach, 2009). Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan personal hygiene remaja putri dengan perilaku mencuci tangan sebelum vulva hygiene disekolah menengah pertama 1 Tenggarong Seberang. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode Stratified Propotional Random Sampling denga jumlah sampel 76 responden dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswi tentang personal hygiene yaitu baik sebanyak 60 responden (79%), cukup 14 responden (18%), dan kurang sebanyak 2 respnden (3%). Adapun perilaku mencuci tangan sebelum vulva hygiene yang baik yaitu baik 42 responden (53,3%), dan yang kurang baik sebanyak 34 responde (44,7%). Kesimpulan: Mayoritas pengetahun dan perilaku siswi SMPN 1 Tenggarong seberang baik yaitu pengetahuan baik sebanyak 60 responden (79%) dan perilaku baik sebanyak 42 responden (53,3%).id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.titleHubungan Tingkat Pengetahuan Personal Hygiene Remaja Putri dengan Perilaku Mencuci Tangan Sebelum Vulva Hygiene di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggrong Seberangid_ID
dc.title.alternativeCorrelation of Adolescent’s Personal Hygiene Knowledge Level with Washing Hand Behaviour Before Vulva Hygiene in State Junior High School 1 Tenggarong Seberangid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record