dc.contributor.author | Nirmayanti, Nirmayanti | |
dc.contributor.author | Tianingrum, Niken Agus | |
dc.date.accessioned | 2019-01-10T00:36:44Z | |
dc.date.available | 2019-01-10T00:36:44Z | |
dc.date.issued | 2018-08-08 | |
dc.identifier.citation | Lisnawati Soapatt, 2014. Pengaruh system sekolah sehari penuh (full day school) terhadap prestasi akademik siswa Nurani. 2005, untung rugi full day school, Surabaya : edisi 221 Dinas pendidikan kota samarinda tahun 2017 Nurul, Putri Wucika Bemi (2016) Gambaran Tingkat Stres Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Padang Menjelang Ujian Nasional 2016. Diploma Thesis, Universitas Andalas American Institute of Stress. (n.d.). What is Stress. http://www.stress.org/what-isstress/-Diakses Februari 2016. American Psychological Association. (2016). Stress effects on the body. http://www.apa.org/helpcenter/stress-body.aspx-Diakses Februari 2016. Oktamiati 2013, Tingkat Stress Akademik Anak Usia Sekolah Terhadap System Full Day School Di Sekolah Dasar Kanbupaten Bogor Soapatty 2014, Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa Smp Jati Agung Sidoarjo Afifah 2014, Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa Smp Jati Agung Sidoarjo Kurnia Risky Wulandari 2015, Anomali Penerapan Konsep Fullday School ( Studi Tentang Tingkat Stres Siswa Fullday School Di Smp Islamic Qon Gresik ) Desmita 2005, Psikologi Perkembangan Peserta Didik , Bandung : Remajaro Sdakarya | id_ID |
dc.identifier.uri | https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/847 | |
dc.description.abstract | Latar Belakang : Stress di sekolah dapat terjadi ketika seorang anak mempunyai tuntutan yang harus mereka penuhi di sekolah, waktu sekolah yang lebih lama memungkinkan terjadinya stres yang berkaitan pada kesehatan psikiologis siswa . Anak yang bersekolah sehari penuh (full day) menghabiskan waktu sekitar 8 jam di sekolah. Sehingga hampir sehari penuh anak berada di sekolah.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sistem sekolah ( full day school dan half day school ) dengan stress siswa studi di ( SMPN 4 dan SMPN 5 ) Kota Samarinda tahun 2018. Metode : Jenis Penelitian ini adalah Cross Sectional. Dengan sampel 236 responden di SMPN 4 dan SMPN 5 yang di ambil dengan metode simple random sampling. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan sistem sekolah dengan stress siswa menggunakan uji Chi Square, berdasarkan hasil uji chi square yang dilakukan diperoleh ( P-Value = 0,001 OR = …), system sekolah full day lebih besar untuk memicu stress pada siswa. Kesimpulan : Kegiatan sekolah yang menerapkan full day school ada hubungan dengan stress siswa di lihat dari hasil yang di peroleh menunjjukan tingkat stress siswa lebih tinggi di sekolah yang menerapkan full day school. | id_ID |
dc.language.iso | id | id_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur | id_ID |
dc.subject | Hubungan | id_ID |
dc.subject | Sistem Sekolah | id_ID |
dc.subject | Stress Siswa | id_ID |
dc.title | Hubungan Sistem Sekolah ( Full Day School Dan Half Day School ) dengan Stress Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi di SMPN 4 dan SMPN 5 ) Kota Samarinda 2018 | id_ID |
dc.title.alternative | Correlation Between School System (Full Day School and Half Day School) Junior High School Students Stress (Study in State Junior High School 4 and State Junior High School 5) Samarinda City in 2018 | id_ID |
dc.type | Skripsi | id_ID |