Show simple item record

dc.contributor.authorWidiastuti, Afriliya
dc.contributor.authorHidayat, Faried Rahman
dc.contributor.authorWinarti, Yuliani
dc.date.accessioned2019-02-14T06:52:19Z
dc.date.available2019-02-14T06:52:19Z
dc.date.issued2015-08-20
dc.identifier.citationAsmita, H. S. (2007). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Status Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Malang. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Gravindo Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta Dimitria, E. (2010). Gambaran Komunikasi Interpersonal Pegawai Modern Retail Wimode (PT Bakrie Telecom). Jurnal Psikoogi Volume 8 Nomer 2. Diakses tanggal 29 Juli 2015 Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss Khan, Innayat. (2000). Dimensi Spiritual Psikologi. Bandung: Pustaka Hidayah Noor, F. M. (2014). Hubungan Fasilitas Internet dengan Minat Belajar Mahasiswa Trasnfer Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Muhammadiyah Samarinda. Skripsi Prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Muhammadiyah Samarinda Nuris, S. M. (2013). Bentuk Komunikasi dalam Akulturasi Budaya di Samarinda (Studi Pada Masyarakat Suku Jawa dan Suku Banjar di Kelurahan Pelita, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda). Jurnal Ilmu Komunikasi. Diakses pada 29 Juli 2015 Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika Partini. (2012). Motivasi Belajar Ditinjau Komunikasi Interpersonal Kelompok Belajar dan Self Efficacy. Jurnal Psikologi. Diakses tanggal 11 Mei 2015 Pratama, H. (2011). Pola Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dengan Anak Terhadap Motivasi Berpretasi Pada Anak (studi pada SDN 01 Pagi Cipulir Kebayoran Lama Jakarta). Skrispsi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Rohmah. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah ASKEB 3 Mahasiswa Prodi DIV Kebidanan FK UNS Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Kebidanan. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Sari dan Chairiyati. (2013). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Dosen Dan Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Bina Nusantara. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Rajawali Silahahi. (2003). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi dan Tesis. Bandung: CV Alfabeta Sofyan, S. S. M. (2000). Hukum Perdata Hukum Benda. Yogyakarta: Libertyid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/928
dc.description.abstractLatar Belakang: Belajar merupakan kegiatan inti atau pokok dalam suatu proses pendidikan. Di dalam belajar diperlukannya adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar ya ng disebut motivasi belajar. Dosen memfasilitasi mahasiswa dalam mencapai tujuan belajarnya, salah satunya dengan menjalin komunikasi interpersonal. Dengan terjalinnya komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa diharapkan dapat tersampaikannya pesan secara maksimal guna mencapai keberhasilan dalam belajar. Tujuan Penelitian: Tujuan penlitian ini adalah untuk menganalisa hubungan komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Tingkat I STIKES Muhammadiyah Samarinda tahun 2015. Metode: Penelitian ini menggunakan desian Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 58 mahasiswa program studi S1 Keperawatan Tingkat I angkatan 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan Stratified Random Sampling. Penelitian ini dilakukan di kampus STIKES Muhammadiyah Samrinda. Hasil: Hasil penelitian pada karakteristik responden mayoritas responden 19 tahun sebanyak 35 orang (60.3%), berjenis kelamin perempuan sebanyak 46 orang (79.3%), bertempat tinggal di kost sebanyak 35 orang (60.3%), dan bersuku jawa sebanyak 24 orang (41.4%). Pada komunikasi interpersonal memiliki proporsi yang sama antara komunikasi interpersonal yang baik sebesar (50%) dan komunikasi interpersonal yang kurang baik sebesar (50%). Pada motivasi belajar memiliki motivasi belajar yang tinggi (53.4%) lebih banyak dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah (46.6%). Pada analisa Chi Square hasilnya adalah p value = 0,002 dengan OR sebesar 6.984, yang artinya Ho ditolak yaitu terdapat hubungan bermakna antara komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen terhadap motivasi belajar. Kesimpulan: hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa yang memiliki komunikasi interpersonal dengan dosen yang baik maka akan memiliki motivasi belajar yang tinggi pula.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKomunikasi Interpersonalid_ID
dc.subjectMotivasi Belajarid_ID
dc.subjectMahasiswa S1 Keperawatan Tingkat Iid_ID
dc.titleHubungan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Tingkat I STIKES Muhammadiyah Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relation of Student-Lecturer Interpersonal Communication to the Learning Motivation of First Year Students of Nursing at STIKES Muhammadiyah Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record