Show simple item record

dc.contributor.authorAstuti, Sri
dc.contributor.authorBurhanto, Burhanto
dc.date.accessioned2019-02-20T06:27:38Z
dc.date.available2019-02-20T06:27:38Z
dc.date.issued2018-07-25
dc.identifier.citationAdams, E., Rollings, A. (2007). Fundamentals of Game Design. Prentice Hallhttp://www.designersnotebook.com/Books/Fundamentals_of_Game _Design/fundamentals_ch21.pdf. Agustina, H. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung : PT. Refika Aditama. Ameliya, R. (2008). Pelatihan asertif untuk mereduksi perilaku adiksi online game pada remaja. Diperoleh tanggal 17 Oktober 2017 dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_ppb_044802_chapter2.pdf. Ananda, W. (2018). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Angkatan 2012 di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jurnal Ilmiah. Vol 3 No.2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC. Atkins, S. (2017). Langkah Pertama Melalui Insomnia. Jakarta : Libri Chandra, A. N. (2006). Gambaran perilaku dan motivasi pemain online games. Jurnal Pendidikan Penabur No.07/Th.V/Desember 2006, p. 1-11. Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2017 dari https://www.scribd.com/doc/162685921/usia-menurut-depkes. Febriandari, dkk (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol.4 No.1. Universitas Riau. Freeman, C. B. (2008). Internet gaming addiction. Journal for Nurse Practitioners, vol. 4,1, 42-47. Hariyanto, A. (2009). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta : Diva Press. Hidayat, A. (2008). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. __________(2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika. Imanuel, N. 2009. Gambaran Profil Kepribadian pada Remaja yang Kecanduan Game Online dan yang Tidak Kecanduan Game Online. Depok: Universitas Indonesia. Indrawati, N., (2012). Perbandingan Kualitas Tidur Mahasiswa yang Mengikuti UKM dan Tidak Mengikuti UKM pada Mahasiswa Reguler. Skripsi dipublikasikan. FIK UI.Diakses pada tanggal 18 Oktober 2017 dari http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-08//S56399-Sarip%20Hidayat. Kwon, M, Kim. D. J , Cho, H, & Yang, S. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). Journal open Acces Freely available online. Lee, E. (2011). Acase study of game addiction. Journal of Addiction Nursing, 22, 208-213. Macmillan, 2011, Definisi game online menurut teori. Jakarta : Rinneka Cipta. Meinner SE & Annete Gl. 2006. Gerontological Nursing. Edisi ke-3. St. Louis : Mosby Inc. Murray, 2007. Analisis pengaruh lingkungan social ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Skripsi dipublikasikan. Fakultas Ekonomi UPI. Mubarak, W. (2007). Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta : EGC Mubarak, W. I. (2011). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba medika. Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. ______________ (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Edisi II. Jakarta : Rineka Cipta. Nursalam, (2008). Konsep dan penerapan Metodelogi Keperawatan: Pedoman Skripsi dan Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan (Edisi 1), Jakarta : Salemba Medika. ___________ (2011). Konsep dan penerapan Metodologi Keperawatan: Pedoman Skripsi dan Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika. Pande, M. (2015). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Undaya Vol.2 No.2. Universitas Udayana. Potter, A P , Perry G.A. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4 Volume 1. Jakarta : EGC. ____________________(2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses dan Praktik, Vol.2 edisi 4, Jakarta : EGC. Prasadja, A. (2009). Ayo Bangun Dengan Bugar Karena Tidur Yang Benar. Jakarta : Penerbit Hikmah Pratiwi, P.C. (2012). Perilaku adiksi game online ditinjau dari efikasi akademik dan keterampilan sosial pada remaja. Skripsi dipublikasikan. Diperoleh tanggal 19 Oktober 2017 dari http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id. Riyanto, A. (2013). Aplikasi Metodologi penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Stantrock, J. (2007). Remaja, jilid 1. Edisi 11. Jakarta : Erlangga. ___________. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Saifuddin, (2012). Hubungan antara stress dengan pola tidur pada siswa SMP pondok pesantrem modern MBS di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, (skripsi-dipublikasikan). Stikes Aisyiyah Yogyakarta. Silvanasari, I.A. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Tidur yang Buruk pada Lansia di Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Skripsi. Jember : Universitas Jember. Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta _________(2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta. ________ (2014). Meteode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung : Alfabete Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta : Change Publication Theodora, (2009). Hubungan Antara Kecanduan Internet Game Online dan Ketrampilan Sosial pada Remaja (Relation Between Internet Game Online Addiction and Social Skills in Adolescents). Skripsi dipublikasikan. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ulfa, M. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja di Mabes Game Center Jalan HR. Subrantas Kecamatan Tampan PekanBaru. Jurnal Sosial. Volume 4 No.1. Ulumuddin, B.A. (2011). Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro. Jurnal : Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Usman, H. (2000). Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara Warahmatillah, (2012). Hubungan Aktivitas Akademik yang disertai Aktifitas Fisik dengan Gangguan Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI Makassar Angkatan 2010. Karya Ilmiah : Fakultas Kedokteran UMI. Wasis. (2008), Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat, Jakarta, EGC. Weinstein, A. M. (2010). Computer and video game addiction – a comparison between game users. The American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36, 268-276. Doi: 10.3109/00952990.2010.491879 (diakses Juli 2018). Wong, L.D & Hockenberry, M. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 6 vol 2. Jakarta: EGC. Yee, N. (2006). The demographics, motivations and derived experiences of users of massively-multiuser online graphical environments. Presence : Teleoperators and Virtual Environments, 15, 309-329. Young, 2009. Indikator game online addiction, MMRPG. Diakses pada 27 Oktober 2017 dari : repository.ipb.ac.id/../BAB%20II%20Pustaka_I09pyp. Yuwanto, L. (2010). Mobile Phone Addict. Surabaya : Putra Media Nusantara.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/935
dc.description.abstractLatar belakang : Permainan game online merupakan suatu fenomena yang sedang marak di Indonesia temasuk di kalangan remaja atau anak sekolah. Hasil studi pendahuluan pada tanggal 9 Oktober 2017 di SMP Negeri 24 Samarinda dari hasil wawancara didapatkan hasil bahwa 7 responden dari 10 responden mengatakan bahwa mereka tidur rata-rata pada jam 24:00 ke atas dan sering mengalami gangguan tidur seperti mimpi buruk dan merasa tidak segar pada saat bangun tidur. Fasilitas yang ada pada game online memberikan suatu kemudahan yang dapat menjadikan siswa/siswi cenderung menjadi lebih asik dan menjadi sibuk dengan game online yang dimainkan. Hal ini dapat mempengaruhi semua aktifitas sehari-hari termasuk kualits tidur, gaya hidup, dan interaksi sosial. Tujuan penelitian : Menganalisa hubungan kecanduan bermain game online dengan kualitas tidur pada siswa/siswi di SMP Negeri 24 Samarinda. Metode penelitian : Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif korelasi dengan rancangan penelitian cross sectional, pengambilan sampel dengan cara quota sampling dan didapatkan 207 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil dan kesimpulan penelitian : Berdasarkan hasil uji statistik dengan pearson product moment menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara hubungan kecanduan bermain game online dengan kualitas tidur pada siswa/siswi di SMP Negeri 24 Samarinda. P value 0,000 < α (0,05), maknanya Ho ditolak atau ada hubungan yang bermakana antara kecanduan bermain game online dengan kualitas tidur dan diperoleh nilai korelasi ( r ) = 0,628 dapat dikatakan hubungan cukup kuat dengan arah positif yang artinya ketika variabel independen naik, maka variabel dependen juga naik, maka semakin tinggi kecanduan seseorang dalam bermain game online maka semakin tinggi juga kualitas tidur yang buruk yang didapatkan oleh pemain game online.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKecanduanid_ID
dc.subjectBermain game onlineid_ID
dc.subjectkualitas tidurid_ID
dc.titleHubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur pada Siswa/Siswi di SMP Negeri 24 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeCorrelation of Online Game Playing Addiction with Sleeping Quality to Students of Junior High School 24 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record