dc.identifier.citation | Adams, E., Rollings, A. (2007). Fundamentals of Game Design. Prentice Hallhttp://www.designersnotebook.com/Books/Fundamentals_of_Game _Design/fundamentals_ch21.pdf. Agustina, H. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung : PT. Refika Aditama. Ameliya, R. (2008). Pelatihan asertif untuk mereduksi perilaku adiksi online game pada remaja. Diperoleh tanggal 17 Oktober 2017 dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_ppb_044802_chapter2.pdf. Ananda, W. (2018). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Angkatan 2012 di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jurnal Ilmiah. Vol 3 No.2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC. Atkins, S. (2017). Langkah Pertama Melalui Insomnia. Jakarta : Libri Chandra, A. N. (2006). Gambaran perilaku dan motivasi pemain online games. Jurnal Pendidikan Penabur No.07/Th.V/Desember 2006, p. 1-11. Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2017 dari https://www.scribd.com/doc/162685921/usia-menurut-depkes. Febriandari, dkk (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol.4 No.1. Universitas Riau. Freeman, C. B. (2008). Internet gaming addiction. Journal for Nurse Practitioners, vol. 4,1, 42-47. Hariyanto, A. (2009). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta : Diva Press. Hidayat, A. (2008). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. __________(2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika. Imanuel, N. 2009. Gambaran Profil Kepribadian pada Remaja yang Kecanduan Game Online dan yang Tidak Kecanduan Game Online. Depok: Universitas Indonesia. Indrawati, N., (2012). Perbandingan Kualitas Tidur Mahasiswa yang Mengikuti UKM dan Tidak Mengikuti UKM pada Mahasiswa Reguler. Skripsi dipublikasikan. FIK UI.Diakses pada tanggal 18 Oktober 2017 dari http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-08//S56399-Sarip%20Hidayat. Kwon, M, Kim. D. J , Cho, H, & Yang, S. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). Journal open Acces Freely available online. Lee, E. (2011). Acase study of game addiction. Journal of Addiction Nursing, 22, 208-213. Macmillan, 2011, Definisi game online menurut teori. Jakarta : Rinneka Cipta. Meinner SE & Annete Gl. 2006. Gerontological Nursing. Edisi ke-3. St. Louis : Mosby Inc. Murray, 2007. Analisis pengaruh lingkungan social ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Skripsi dipublikasikan. Fakultas Ekonomi UPI. Mubarak, W. (2007). Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta : EGC Mubarak, W. I. (2011). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba medika. Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. ______________ (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Edisi II. Jakarta : Rineka Cipta. Nursalam, (2008). Konsep dan penerapan Metodelogi Keperawatan: Pedoman Skripsi dan Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan (Edisi 1), Jakarta : Salemba Medika. ___________ (2011). Konsep dan penerapan Metodologi Keperawatan: Pedoman Skripsi dan Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika. Pande, M. (2015). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Undaya Vol.2 No.2. Universitas Udayana. Potter, A P , Perry G.A. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4 Volume 1. Jakarta : EGC. ____________________(2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses dan Praktik, Vol.2 edisi 4, Jakarta : EGC. Prasadja, A. (2009). Ayo Bangun Dengan Bugar Karena Tidur Yang Benar. Jakarta : Penerbit Hikmah Pratiwi, P.C. (2012). Perilaku adiksi game online ditinjau dari efikasi akademik dan keterampilan sosial pada remaja. Skripsi dipublikasikan. Diperoleh tanggal 19 Oktober 2017 dari http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id. Riyanto, A. (2013). Aplikasi Metodologi penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Stantrock, J. (2007). Remaja, jilid 1. Edisi 11. Jakarta : Erlangga. ___________. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Saifuddin, (2012). Hubungan antara stress dengan pola tidur pada siswa SMP pondok pesantrem modern MBS di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, (skripsi-dipublikasikan). Stikes Aisyiyah Yogyakarta. Silvanasari, I.A. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Tidur yang Buruk pada Lansia di Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Skripsi. Jember : Universitas Jember. Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta _________(2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta. ________ (2014). Meteode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung : Alfabete Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta : Change Publication Theodora, (2009). Hubungan Antara Kecanduan Internet Game Online dan Ketrampilan Sosial pada Remaja (Relation Between Internet Game Online Addiction and Social Skills in Adolescents). Skripsi dipublikasikan. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ulfa, M. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja di Mabes Game Center Jalan HR. Subrantas Kecamatan Tampan PekanBaru. Jurnal Sosial. Volume 4 No.1. Ulumuddin, B.A. (2011). Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro. Jurnal : Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Usman, H. (2000). Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara Warahmatillah, (2012). Hubungan Aktivitas Akademik yang disertai Aktifitas Fisik dengan Gangguan Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI Makassar Angkatan 2010. Karya Ilmiah : Fakultas Kedokteran UMI. Wasis. (2008), Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat, Jakarta, EGC. Weinstein, A. M. (2010). Computer and video game addiction – a comparison between game users. The American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36, 268-276. Doi: 10.3109/00952990.2010.491879 (diakses Juli 2018). Wong, L.D & Hockenberry, M. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 6 vol 2. Jakarta: EGC. Yee, N. (2006). The demographics, motivations and derived experiences of users of massively-multiuser online graphical environments. Presence : Teleoperators and Virtual Environments, 15, 309-329. Young, 2009. Indikator game online addiction, MMRPG. Diakses pada 27 Oktober 2017 dari : repository.ipb.ac.id/../BAB%20II%20Pustaka_I09pyp. Yuwanto, L. (2010). Mobile Phone Addict. Surabaya : Putra Media Nusantara. | id_ID |