Show simple item record

dc.contributor.authorMaharani, Eka Dina
dc.contributor.authorMasnina, Rusni
dc.date.accessioned2019-02-20T10:15:13Z
dc.date.available2019-02-20T10:15:13Z
dc.date.issued2018-08-03
dc.identifier.citationDAFTAR PUSTAKA Abdul Jabar & Bambang Derajat Jajat. (2012). Aplikasi Stastiktika Dalam Penjas. Bandung: FPOK UFI Bandung. Adriana Dian, dkk, (2011). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Anak. Jakarta: Salemba Medika. . (2013). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Anak. Jakarta: Salemba Medika. Ardy Wiyani. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. . (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Aziz 2005 dalam kutipan Roije RH (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Konsep Bermain Dengan Tingkat Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah Di TK/PAUD Alazhiim Lapangan Manado E- Jurnal Saputra, Oktober 2016 vol.3(3) Beaty. Janice.J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini edisi ketujuh. Jakarta: PT. Fajar Inter Pratama Mandiri. Depdiknas, 2006 dalam kutipan Fatiyah. (2016). Pengaruh Terapi Bermain Puzzel Terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 tahun) jurnal of ners community volume 07, nomor 02, november 2016 Hal. 136-148. Depkes RI dalam kutipan Fatiyah. (2016). Pengaruh Terapi Bermain Puzzel Terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 tahun) jurnal of ners community volume 07, nomor 02, november 2016 Hal. 136-148 Diana, Sari. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media. E. Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Febrikaharisma. (2013). Hubungan antara Tinggi Badan dengan Fungsi Motorik anak usia 2-4 tahun. Semarang: FK UNDIP. Hasanah, Nor Izhotil dan Peratiwi Hardiyanti. (2017). Perkembangan anak melalui permainan tradisional. Yogyakarta: Aswara Pressindo. Hidayat A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Anak Analisis Data. Jakarta: Salemba Media Hurlock, Erlizabeth. B. ( 2013). Perkembangan Anak Jilid I Jakarta: Erlangga. Imron M. (2010). Statistika Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Surakarta: Cakra Books. Iswinarti. (2012). Nilai-nilai Traupetik Teradisional Engklek. Jakarta: Kencana Prenada. Ismail, Andang. (2013). Education Games. Yogyakarta: Pro U Media Mutiah. ( 2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini Jakarta: Kencana Muyati, Yeti. (2013). Keterlampilan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Karya Mahendra, Agus. (2015). Asas dan Falsafat Pendidikan Jasmani Bandung: UPI Bandung Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Reneka Cipta . (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Reneka Cipta . (2015). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Reneka Cipta Nugroho, Agung. (2015). Permainan Tradisional Anak-anak. Yogyakarta: FIK UNY Nursalam. (2011). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 3 Jakarta: Salemba Medika. Dkk. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak Untuk Perawat dan Bidan. Jakarta: Salemba Medika . (2013). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 3 Jakarta: Salemba Medika. Rachmawati. (2014). Strategi Pengembangan Kreativitas. Jakarta: Prenada Group Rekawati, dkk. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak Untuk Perawat dan Bidan. Jakarta: Salemba Medika Rimm S. (2013). Mendidik dan Menerapkan disiplin pada anak usia dini yokyakarta: PT. Gava Media Riyanto. (2013). Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan Jakarta: Saelemba Medika Santrock. John W (2012) Life Span Development Masa Perkembangan Anak Chidren Buku 2 Edisi II. Jakarta: Erlangga Soetjininsih. (2010). Perkembangan Anak dan Permasalahan dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. . (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahan dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: Sagungseto. Pp 86-90. Sopiyadi. (2013). Metode Penelitian Dalam Riset Keperawatan Jakarta: Rajawali Sugiyono. (2010). Stastistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta . (2013) Metode Penelitian Eksperimen. Bandung: Alfabeta Susilaningrum, dkk. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak Untuk Perawat dan Bidan. Jakarta: Salemba Medika Sri Utami, dkk. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak Untuk Perawat dan Bidan. Jakarta: Salemba Medika Suryani & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Pranadamedia Group Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGCid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/939
dc.description.abstractLatar Belakang : Prasekolah merupakan anak yang berusia 36-71 bulan atau 3 -6 tahun biasanya dapat disebut dengan anak usia dini. Masa ini di sebut priode keemasan (golden age), dimana proses perkembangan anak meningkat secara pesat. Sehingga pemberian stimulasi permainan tradisional engkek dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus dan motorik kasar pada anak. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak pada usia prasekolah 4-5 tahun di Tk Barunawati 3 Samarinda. Metode : penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan responden berjumlah 30 anak. Instrument yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik Permainan Tradisional Engklek dan lembar DDST. Analisis data penelitian menggunakan stastistik non parametrik dengan Uji Wilcoxon Signed Ranks. Hasil : Analisis bivariat dengan uji Wilcoxon diperoleh pada perkembangan motorik halus didapatkan hasil p-value 0.000 < alfa (0.05) dapat dinyatakan hipotesis nol (Ho) ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang bermakna dari permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik halus anak. Kesimpulan dan Saran : Ada pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik halus dan motorik kasar pada anak usia prasekolah di Tk Barunawati 3 Samarinda. Diharapkan Tk meningkatkan permainan edukatif dalam menstimulus perkembangan anak.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPrasekolahid_ID
dc.subjectEngklekid_ID
dc.subjectMotorik Halusid_ID
dc.subjectMotorik Kasarid_ID
dc.titlePengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar pada Anak Usia Prasekolah 4-5 Tahun di TK Barunawati 3 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeEffect of Hopscoth Tradisional Game to Soft Motor and Gross Motor Developments on Pre-School Child 4-5 Years Old in TK Barunawati 3 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record