Hubungan antara Status Gizi dengan Kemampuan Personal Sosial pada Anak Pra Sekolah di TK AZ-Zahro Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Status gizi mempunyai peran yang sangat penting terhadap pembentukan perkembangan personal sosial anak. Faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi perkembangan personal sosial diantaranya faktor lingkungan, sosial ekonomi, jenis kelamin, status anak, budaya, dan pola asuh orang tua. Anak usia pra sekolah dapat mencapai dan melewati perkembangannya dengan normal apabila diberikan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan usianya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan kemampuan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah anak pra sekolah yang ada di TK Az-Zahro Samarinda dengan jumlah sebanyak 60 responden. Analisa data menggunakan Univariat dan Bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Berdasarkan data yang diperoleh pada saat penelitian dari 60 responden menunjukkan hasil uji statistik hubungan ini dengan nilai P sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai alfa yaitu 0,05 yang dapat di artikan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan perkembangan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan perkembangan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku perkembangan personal sosial pada anak.