Show simple item record

dc.contributor.authorMeilani, Hadela
dc.contributor.authorZulaikha, Fatma
dc.date.accessioned2019-02-24T07:42:43Z
dc.date.available2019-02-24T07:42:43Z
dc.date.issued2018-10-17
dc.identifier.citationAlmatsier, S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Gibney Michael, Margetts Barrie, Kearney John, Arab Lenore. (2009). Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC. Hanani, R. (2016). Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, dan Personal Sosial Pada Anak Stunting dan Non Stunting. 9, (1), 3-4. Kemenkes, RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar Kalimantan Timur. (2016). http://www.litbang.depkes.go.id, Diperoleh tanggal 18 Oktober 2017. Rosela Entie, Puji Tulus, dan Triredjeki Hermani. (2017). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Anak Usia 1 Sampai 5 Tahun Di Kelurahan Tidar Utara, Kota Magelang. The Soedirman Journal Of Nursing, 12, (1). Sambuari, Lindawati, dkk. (2013). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 5 Tahun Di TK Tunas Bhakti Manado. Ejournal Keperawatan, 1, (1). Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC. World Health Organization. (2013). http://www.who.int, diperoleh tanggal 15 Oktober 2017.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/966
dc.description.abstractLatar Belakang: Status gizi mempunyai peran yang sangat penting terhadap pembentukan perkembangan personal sosial anak. Faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi perkembangan personal sosial diantaranya faktor lingkungan, sosial ekonomi, jenis kelamin, status anak, budaya, dan pola asuh orang tua. Anak usia pra sekolah dapat mencapai dan melewati perkembangannya dengan normal apabila diberikan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan usianya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan kemampuan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah anak pra sekolah yang ada di TK Az-Zahro Samarinda dengan jumlah sebanyak 60 responden. Analisa data menggunakan Univariat dan Bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Berdasarkan data yang diperoleh pada saat penelitian dari 60 responden menunjukkan hasil uji statistik hubungan ini dengan nilai P sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai alfa yaitu 0,05 yang dapat di artikan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan perkembangan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan perkembangan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku perkembangan personal sosial pada anak.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectStatus giziid_ID
dc.subjectPersonal sosialid_ID
dc.subjectPra sekolahid_ID
dc.titleHubungan antara Status Gizi dengan Kemampuan Personal Sosial pada Anak Pra Sekolah di TK AZ-Zahro Samarindaid_ID
dc.title.alternativeCorrelation Between Nutrition Status with Social Personal Ability on Pre-School Children in Kindergarten of AZ-Zahro Samarindaid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record