Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di TK Nomensen Bontang
Date
2015-02-01Author
Pangaribuan, Saurlina
Wahyuni, Tri
Khoiroh, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang:Tumbuh kembang anak tidak dapat dilepaskan dari fungsi bermain yang dimiliki oleh anak.Fungsi bermain dapat meningkatkan tumbuh kembang kognitif dan sosial dan tumbuh kembang bahasa, disiplin, tumbuh kembang moral, kreativitas dan tumbuh kembang fisik anak. Pada zaman modern saat ini, penggunaan gadget sudah sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan pada anak-anak. Penggunaan gadget akan mempengaruhi aktivitas pada anak seperti anak menjadi lebih pendiam, cenderung pemarah dan kurang bersosialisasi dengan dunia luar. Tujuan penelitian:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lamanya penggunaan gadget dengan tumbuh kembang anak usia pra sekolah TK Nomensen Bontang. Metode penelitian: Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah orang tua anak yang bersekolah di TK Nomensen Bontang yang berjumlah 60 orang, cara pengambilan sampel dengan total sampling. Alat yang digunakan kuesioner dengan pernyataan mengenai lama bermain gadget dan DDST. Analisis untuk uji hipotesis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian: Hasil uji statistik Chi Square di ketahui nilai p value = 0,020,Nilai tersebut lebih kecil dari α ( p<0,05 ) maka Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara lama penggunaan gadget dengan tumbuh kembanga nak usia prasekolah TK Nomensen Bontang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan / bermakna antara lamanya penggunaan gadget dengan tumbuh kembang anak usia pra sekolah TK Nomensen Bontang saran kepada orang tua agar anak dibatasi dalam menggunakan gadget.