• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan antara Persepsi Guru terhadap Prestasi Akademik Siswa dengan Stres Kerja Guru di SMPN 4 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Skripsi (833.4Kb)
Naskah Publikasi (530.8Kb)
Date
2018-07
Author
Annisa, Raudhatul
Purdani, Kartika Setia
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang : Stres kerja merupakan tekanan yang terjadi dikarenakan adanya suatu ketidakseimbangan antara karakteristik karyawan dengan karakteristik aspek pekerjaannya pada semua kondisi pekerjaan diantaranya ialah profesi pada guru. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 24 Januari 2018 di SMPN 4 Samarinda dari hasil wawancara terhadap 5 orang guru, 3 diantaranya mengatakan stres kerja apabila nilai siswa dirapot/saat ulangan harian tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan atau sekolah tetapkan (nilai KKM). Hal itu terjadi karena saat melakukan ujian atau pun ujian ulang (remedial) nilai siswa malah semakin menurun. Dimana terdapat beberapa faktor yang menjadi pencetus stres kerja guru salah satunya ketidakpedulian siswa terhadap tugas sehingga nantinya akan mengakibatan pada tingkat prestasi akademik siswa tersebut yang berdampak pada nilai siswa tersebut apakah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan atau tidak. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi guru terhadap prestasi akademik dengan stress kerja pada guru di SMPN 4 Samarinda. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode correlation study, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel guru dengan menggunakan total sampling dan didapatkan responden 52 orang. Data ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan Chi square. Hasil dan Kesimpulan Penelitian : Berdasarkan hasil uji penggabungan sel menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara prestasi akademik siswa dengan stres kerja pada guru di SMPN 4 Samarinda. Dimana hasil menunjukan] nilai ρ=0,001 < ɑ=0,05H0 ditolak menyatakan terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap prestasi akademik siswa dengan stres kerja guru SMPN 4 Samarinda.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1174
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback