Pengaruh Terapi Mendongeng terhadap Kemampuan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di TK Al-Aamiin Toko Lima Muara Badak Kecamatan Muara Badak
Abstract
Latar Belakang : Perkembangan personal sosial anak usia prasekolah tidak semuanya maksimal karena masih banyak ditemukan anak prasekolah dengan keterlambatan perkembangan lebih 25% anak prasekolah mengalami keterlambatan seperti kurangnya kemandirian anak (tidak dapat berpakaian sendiri, tidak berhasil dalam toilet training), tidak bisa berkomunikasi dengan lancar dimana anak tidak mampu menyebutkan namanya sendiri sehingga anak cenderung pasif dan tidak dapat mengembangkan kemampuannya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Mendongeng Terhadap Kemapuan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Di TK AL-Aamiin Lima Muara Badak Kecamatan Muara Badak. Metode : Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan Rancangan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi DDST II. Pengolahan dan analisa data menggunakan mean, median, CI 95%, SD, SE dengan uji bivariat Wilxocon. Hasil : Didapatkan p value 0,001 (<0,005) bahwa ada pengaruh mendongeng terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah di TK Al-Amin Toko Lima Muara Badak Kecamatan Muara Badak. Kesimpulan : ada pengaruh mendongeng terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah di TK Al-Amin Toko Lima Muara Badak Kecamatan Muara Badak.