Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit PKT Prima Sangatta
View/ Open
Date
2015Author
Triyono, Agus
Herlina, Nunung
Agustien, Rinnelya
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang : Perilaku caring adalah suatu tindakan yang dilakukan dalam memberikan dukungan kepada individu secara utuh. Perilaku Caring adalah esensi dari keperawatan yang mampu memfasilitasi dan meningkatkan kualitas pemberian pelayanan kepada pasien sehingga meningkatkan kepuasan pasien dan menghasilkan keuntungan bagi rumah sakit. Tujuan : Mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap rumah sakit PKT Prima Sangatta. Metode : deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 63 responden dari pasien ruang rawat inap (kelas I, II, III, VIP/VVIP dan HCU). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan instrumen kuisioner. Hasil : analisis bivariat dengan Chi Square didapatkan nilai p = 0,000 (< 0,5) dengan nilai OR 12,083 (95% CI 3,632 – 40,201). Kesimpulan : ada hubungan yang bermakna antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap, dimana perilaku caring yang dilakukan oleh perawat memiliki peluang 12 kali untuk membuat pasien memperoleh kepuasan dibandingkan dengan perilaku caring yang tidak dilakukan oleh perawat.