Pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017
View/ Open
Date
2019Author
Ningsih, Annisa Surya
Kusumawati, Yulia Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 6 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2017. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan penjualan dan Variabel dependen adalah profitabilitas yang diukur dengan Retun On Assets. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji analisis regresi liner sederhana, Uji korelasi dan determinasi dengan program SPSS kemudian diakhiri dengan pengujian hipotesis. Hipotesis sementara dalam penelitian ini adalah pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian ini hasil uji signifikansi pengaruh parsial dengan uji t diketahui bahwa nilai pertumbuhan penjualan secara parsial negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.