Hubungan Peran Guru dengan Pengetahuan dan Sikap tentang Bully pada Remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga
View/ Open
Date
2019Author
Dinda, Noviyanti
Safrudin, M. Bachtiar
Burhanto, Burhanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Peran guru adalah kewajiban yang di laksanakan guru kepada remaja dalam dunia pendidikan. Peran guru di sekolah adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi . Peran guru yang tidak optimal berefek pada pengetahuan dan sikap remaja, sehingga menimbulkan permasalahan pada remaja di sekolah seperti bully. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara peran guru dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 203 responden . Data diambil menggunakan kuesioner peran guru, pengetahuan dan sikap. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman pada peran guru dengan pengetahuan nilai r = 0,049 dengan p valeu 0.000<0,05 yang menunjukan kekuatan kolerasi cukup kuat dan pada peran guru dengan sikap nilai r =0,430 p valeu 0.000<0,05 dengan kekuatan kolerasi cukup kuat. Dapat disimpulkan terdapat hubungan antara peran guru dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga.