Gambaran Motivasi Belajar pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Amin Tahun 2019
Abstract
Latar belakang : Motivasi belajar adalah segala usaha di dalam diri sendiri dan diluar yang menimbulkan kegiatan belajar, dan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberi arah pada kegiatan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki tercapai. Tujuan umum : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Motivasi Belajar Pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Amin Tahun 2019.
Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sederhana, dengan cara pembagian kuesioner dan dengan pendekatan cross sectional, menggunakan metode stratified random sampling ( sampel yang diambil berdasarkan strata atau perwakilan dari kelompoknya ) dengan jumlah sampel 120 responden. Hasil penelitian : Diketahui dari hasil responden yang terlibat penelitian ini dan total 120 responden untuk Motivasi Belajar Menunjukkan proporsi dengan kategori tinggi yaitu 66 responden (55.0%). Kesimpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dari 120 responden santri di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Amin Menunjukkan proporsi Motivasi Belajar dengan kategori tinggi yaitu 66 orang (55.0%).