Perbedaan Efektifitas Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar Dengan Metode Ceramah Melalui Media Gambar dan Audio- Visual terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas Xl tentang Bantuan Hidup Dasar di SMAN 1 PPU
View/ Open
Date
2016-06-30Author
Nurmey, Sakti Wadhi
Ghozali
Winarti, Yuliani
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang : Media merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan media tepat dalam penyampaian informasi dapat meningkatkan daya penerimaan seseorang terhadap materi yang diberikan.
Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan efektifitas pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar dengan metode ceramah melalui media gambar dan audio-visual terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas XI tentang bantuan hidup dasar di SMAN 1 PPU.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment desain dengan non equivalent control group design. non equivalent control group design melibatkan dua kelompok subjek. Uji statistik yang digunakan adalah Independent t test. Sampel yang digunakan adalah 29 siswa. Instrumen untuk pengukuran konsentrasi menggunakan kuesioner.
Hasil Penelitian : Data yang telah dianalisis menunjukkan uji paired t test pada masing-masing kelompok menunjukkan sig. 0,000 <0,05, artinya terdapat perubahan pengetahuan secara statistik antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar dengan media gambar maupun media audio-visual pada siswa kelas XI di SMAN 1 Penajam Paser Utara. Tidak jauh berbeda pada uji independent t test yang menunjukkan sig. (2-tailed) 0,018 <0,05, yang berarti terdapat perubahan pengetahuan secara statistik antara selisih sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar antara kelompok media gambar dan media audio-visual.
Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan pengetahuan yang bermakna secara statistik antara pemberian pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar melalui media gambar dan dan audio-visual terhadap pengetahuan siswa kelas IX di SMAN Penajam Paser Utara sig.(2-tailed) 0.018 < 0.5.