• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Balita di Wilayah Kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda Tahun 2016

Thumbnail
View/Open
Skripsi (3.586Mb)
Date
2016-08-02
Author
Dewi, Edianti Komala Eka Farah
Ernawati, Rini
Aminuddin, M .
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Toilet training merupakan proses belajar kontrol BAK dan BAB secara teratur saat usia 1-3 tahun. Dampak kegagalan toilet training yaitu pribadi retentive dimana anak cenderung bersikap keras kepala. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training yaitu tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu. Hal itu penting dimiliki agar mempunyai pemahaman yang baik mengenai toilet training. Tujuan Penelitian: Mengetahui Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Keberhasilan Toilet training pada Anak Balita di Wilayah Kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel ibu yang memiliki balita berusia 2,5-5 tahun di wilayah kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda sebanyak 63 responden. Menggunakan teknik total sampling dan alat ukur kusioner. Analisa dengan Chi Square. Hasil: Dari 63 responden sebagian besar memiliki pendidikan menengah sebanyak 36 orang (57.1%), pengetahuan baik sebanyak 34 orang (54.0%) dengan keberhasilan toilet training sebanyak 41 balita (65.1%). Uji statistik Chi Square tingkat pendidikan diperoleh p Value 0,008, artinya ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita di wilayah kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Variabel pengetahuan diperoleh p Value 0,019 artinya ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita di wilayah kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Kesimpulan: Ada hubungan signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita dan ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak balita di wilayah kerja PUSKESMAS Segiri Kelurahan Dadimulya Samarinda. Kata Kunci:
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1817
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback