Pengaruh Metode Role Play Mengenai Pencegahan Penyakit ISPA terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utara
View/ Open
Date
2016-08-02Author
Asmar, Yuliannur
Susanti, Erni Wingki
Winarti, Yuliani
Metadata
Show full item recordAbstract
berhubungan erat dengan pajanan debu tertentu, anak-anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa karena pusat perkembangan saraf mereka masih berkembang. Ditambah lagi anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain di luar ruangan. Pendidikan kesehatan memiliki berbagai metode untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan salah satunya yaitu metode role play.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh metode role play mengenai pencegahan penyakit ISPA terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utara.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 62 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket berisi pengetahuan mengenai pencegahan penyakit ISPA.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji wilcoxon sign rank test, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan metode role play. Didapatkan nilai P-Value yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode role play yang signifikan meningkat secara statistik terhadap pengetahuan siswa SDN 018 Mugirejo Samarinda Utara mengenai pencegahan penyakit ISPA.