Hubungan Peran Perawat dengan Kepuasan Pasien dalam Pemenuhan Personal Hygiene di Ruang Seruni RSUD Taman Husada Bontang
View/ Open
Date
2015Author
Butar, Nurlima Butar
Ernawati, Rini
Masnina, Rusni
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang : Bagi dunia keperawatan, personal hygiene merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus senantiasa terpenuhi. Pada keadaan sakit kemampuan seseorang merawat diri berkurang dan memerlukan bantuan orang lain untuk melakukannya. Kondisi sakit akan menghambat kemampuan individu dalam melakukan personal hygiene. Dalam hal ini, peran perawat sangatlah penting.
Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan personal hygiene di Ruang Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang. Metode penelitian : Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien yang dirawat di Ruang Seruni RSUD Taman Husada Bontang yang berjumlah 52 orang, cara pengambilan sampel dengan purposive sampling. Alat yang digunakan kuesioner dengan pernyataan mengenai peran perawat sebanyak 17 item pernyataan dan kuisioner kepuasan pasien sebanyak 19 item pernyataan. Analisis untuk uji hipotesis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian : Hasil uji statistik Chi Square diketahui nilai p value = 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari α (p<0,05) maka Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara peran perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan personal hygiene di Ruang Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan/ bermakna antara peran perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan personal hygiene di Ruang Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang