Hubungan Komunikasi Orang Tua dan Remaja dengan Prestasi Belajar melalui Tinjauan Systematic Review
Date
2020-06-25Author
Asiyah, Nur
Safrudin, Bachtiar
Ismahmudi, Ramdhany
Metadata
Show full item recordAbstract
Prestasi adalah salah satu hal yang sangat didambakan oleh setiap orang terutama remaja. Ada kebanggaan tersendiri ketika seseorang mencapai prestasi yang diinginkan. Meningkatnya motivasi belajar diikuti frekuensi belajar yang baik maka secara otomatis akan meningkatkan prestasi belajar. Intensitas komunikasi orang tua dan remaja memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar. Jika komunikasi berjalan tidak baik maka pemantauan orang tua dengan anak kurang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan tinjauan systematic review untuk mengetahui hubungan antara komunikasi orang tua dan remaja dengan prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian metode kualitatif dengan desain systematic review. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis kualitatif bersifat analisis isi (content analysis). Analisa yang dilakukan dari 15 jurnal yang peneliti analisis didapatkan hasil sebanyak 15 jurnal (100%) menjelaskan hubungan antara komunikasi dengan prestasi belajar anak, dan metodologi yang digunakan dari 15 jurnal yang dilakukan analisis 50% menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen, dan sebanyak 50% menggunakan pre-eksperimen.15 jurnal yang peneliti analisis didapatkan hasil sebanyak 15 jurnal (100%) menjelaskan hubungan antara komunikasi dengan prestasi belajar.