• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • D3 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • D3 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah : Literatur Review

Thumbnail
View/Open
COVER (36.13Kb)
PENDAHULUAN (289.3Kb)
TINJAUN PUSTAKA (342.0Kb)
METODE PENELITIAN (194.2Kb)
HASIL DAN PEMBAHASAN (441.3Kb)
PENUTUP (278.3Kb)
DAFTAR PUSTAKA (356.6Kb)
LAMPIRAN (1.703Mb)
Date
2021-06-26
Author
Bella, Shinta
Feriani, Pipit
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang : Jenis pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak dapat mempengaruhi perkembangan anak usia pra sekolah, karena usia pra sekolah adalah usia dimana seluruh aspek perkembangan mulai berkembang dan menjadi dasar untuk perkembangan anak di masa depan. Sehingga , jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya akan berdampak pada masa depan anak kelak. Tujuan : Untuk mereview jurnal-jurnal tentang hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia pra sekolah. Metode : Penelitian ini menggunakan literatur review 10 jurnal , 3 jurnal internasional dan 7 jurnal nasional. Hasil Penelitian : Dari telaah 10 jurnal, sebanyak 7 jurnal didapatkan hasil penelitian terdapat hubungan antara pola asuh orang tua yang demokratis dengan perkembangan anak pada usia pra sekolah sesuai dengan usia. Hasil penelitian menunjukkan nilai pvalue < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia pra sekolah. Kemudian, sebanyak 2 jurnal hasil penelitiannya adalah terdapat hubungan pola asuh orang tua yang otoriter dengan perkembangan anak yang kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai pvalue < 0,05 yang berarti terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak pra sekolah dan, 1 jurnal didapatkan hasil penelitian bahwa tidak terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak, Hal ini diakibatkan karena kelompok orang tua berpendapat semakin tinggi sosial ekonomi maka semakin baik tingkat perkembangan anak. Sehingga perkembangan anak lebih di pengaruhi oleh tingkat sosial ekonomi orang tua. Kesimpulan : Dari 10 jurnal sebanyak 9 jurnal didapatkan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia pra sekolah dan 1 jurnal tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2132
Collections
  • D3 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback