• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Teknis Kerusakan Perkerasan dan Metode Perbaikan pada Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Semoi Sepaku – Petung 1)

Thumbnail
View/Open
Cover (1.322Mb)
Pendahuluan (434.5Kb)
Landasan Teori (1.340Mb)
Metode Penelitian (589.1Kb)
Hasil Penelitian & Pembahasan (1.383Mb)
Penutup (278.4Kb)
Daftar Pustaka (285.4Kb)
Lampiran (2.663Mb)
Naskah Publikasi (2.293Mb)
Date
2021-07-05
Author
Azzahra, Rafidah
Pitoyo
Metadata
Show full item record
Abstract
Jalan ialah sarana angkutan darat yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi yang dikembangkan dengan pembangunan antar daerah yang merata agar tercapainya keseimbangan. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan mobilitas penduduk akan meningkat mengakibatkan berkurangnya kualitas jalan. Faktor penyebabnya karena mobilitas barang dan jasa semakin meningkat sehingga mempengaruhi pertumbuhan lalu lintas. Demikian halnya, pada Ruas Jalan Semoi Sepaku – petung 1 mengalami perkembangan kepadatan lalu lintas setiap tahunnya, akibatnya pada ruas jalan tersebut mengalami kerusakan pada lapis permukaan perkerasannya sehingga menyebabkan kualitas pelanayan jalan menurun. Tujuan penelitian ini untuk mencari nilai kondisi kerusakan pada ruas jalan Semoi Sepaku – Petung 1 dan menentukan perencanaan teknik perbaikan untuk menangani kerusakan pada perkersan jalan. Penelitian ini mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode analisa komponen Bina Marga 1987. Dengan hasil analisis berupa nilai dari kondisi kerusakan perkerasan jalan dan mendapatkan perencanaan teknik perbaikan jalan yang sesuai untuk menangani kerusakan pada perkerasan jalan. dengan hasil penelitian yaitu nilai kondisi perkerasan permukaan jalan dalam kondisi, 8,38% (sempurna), 46,35% (sangat baik), 31,94% (baik), 3,86% (sedang), 6,12% (buruk), dan 3,35% (sangat buruk), nilai kondisi perkerasan permukaan jalan secara keseluruhan termasuk ke dalam kondisi baik, tetapi pada beberapa bagian jalan terdapat kerusakan – kerusakan, sehingga pemeliharaan jalan secara rutin harus dilakukan. Selanjutnya, direncanakan perbaikan perkerasan jalan umur rencana 10 tahun, didapatkan hasil perencanaan untuk tebal lapis permukaan perkerasan lentur menggunakan Laston MS 744 dengan tebal 20 cm.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2193
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback