Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Reputasi Terhadap Kepuasan Nasabah BANK KALTIMTARA Samarinda
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Reputasi terhadap Kepuasan Nasabah Bank Kaltimtara Samarinda”. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kepuasan Nasabah sedangkan variabel independen yang terdapat dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan reputasi terhadap kepuasan nasabah Bank Kaltimtara Samarinda. Instumen pengumpulan data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada para responden. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Kaltimtara yang bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur. Pengujian yang dilakukan meliputi Uji Instrumen,Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dengan Uji parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F), Uji Regresi Berganda serta Uj Koefisien Korelasi dan Uji Determinasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah Bank Kaltimtara Samarinda secara parisal, variabel Reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Kaltimtara secara parsial dan secara simultan (bersama-sama) variabel Kualitas Pelayanan dan variabel Reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah Bank Kaltimtara Samarinda.