Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas IV, V dan VI dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Sekolah Dasar Negeri 010 Palaran
Abstract
Latar belakang : Mencuci tangan merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan tujuan untuk menghilangkan kuman dan menghindari individu tertular penyakit yang membahayakan. Di sekolah, anak tidak hanya belajar tetapi juga melakukan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan disekolah seperti bermain, memegang alat sekolah yang belum tentu bersih, atau berinteraksi dengan teman lainnya. Sekolah bisa menjadi tempat sebagai penyebab penularan penyakit bila sekolah tidak diurus dengan benar.
Tujuan : mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas IV, V Dan VI Dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai sabun (CTPS) Di Sekolah Dasar Negeri 010 Palaran. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan metode pendekatan cross sectional , pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan total sampel 8. Instrument yang digunakan adalah pengetahuan dan cuci tangan pakai sabun(CTPS) dalam bentuk kuesioner dan lembar observasi. Hasil : Didapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan siswa SDN 010 Palaran dalam kategori sedang (97,5%), dan melakukan cuci tangan 6 langkah (95,2%), Hasil uji statistik yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil P value sebesar 0.000 < 0,05. Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan siswa kelas IV, V Dan VI dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) Di Sekolah Dasar Negeri 010 Palaran