Analisis Perputaran Piutang Pada PT. Nugraha Samudera Sejahtera Di Samarinda
View/ Open
Date
2017-12Author
Amirullah, Hatam
Abidin, Abdul Syahid
Sujianto, Adi
Metadata
Show full item recordAbstract
Hatam Amirullah. Analisis Perputaran Piutang pada PT. Nugraha Samudera Sejahtera Samarinda. Dibawah bimbingan Drs. H. Abdul Syahid Abidin Msi & H. Adi Sujianto SE, Msi .
Salah satu tujuan perusahaan dalam suatu perekonomian yang bersaing pada saat ini adalah untuk memperoleh laba yang optimal, salah satu caranya adalah dengan meminimalkan piutang, oleh karena itu pihak manajemen dalam perusahaan harus bisa mendeteksi setiap piutang yang terjadi pada setiap pelanggan.
Penelitian ini penulis menganalisis pengumpulan piutang dan pengelolaan piutang pada PT. Nugraha Samudera Sejahtera di Samarinda dengan menggunakan analisis rasio keuangan yang berhubungan dengan piutang dagang, yaitu Rata-rata Piutang, Tingkat Perputaran Piutang, Rata-rata Pengumpulan Piutang
Pada penelitian ini, PT. Nugraha samudera Sejahtera dalam sistem pengumpulan piutangnya menggunakan sistem program dan manual. Program yang dimaksud disini adalah program yang dibuat khusus dan terhubung dengan jaringan (internet) yang pada setiap akhir bulan akan ditarik data masing-masing pengumpulan piutang dari setiap cabang perusahaan. Perusahaan juga masih menggunakan pencatatan secara manual yang berguna untuk memonitoring pengelolaaan piutang menggunakan program.Perusahaan beranggapan jika pencatatan secara manual masih sangat dibutuhkan guna menghindari terjadinya selisih atau human eror saat penginputan melalui program dilakukan
Dalam penelitian ini difokuskan pada rata-rata piutang, tingkat perputaran piutang dan rata-rata hari pengumpulan piutang selama empat tahun, dari tahun 2013 hingga tahun 2016 dihitung menggunakan rasio keuangan. Dari hasil perhitungan yang diperoleh akan dinilai keefektifan tingkat perputaran piutang yang dikelola oleh perusahaan.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat perputaran piutang pada PT. Samudera Sejahtera periode 2014–2016 dalam kondisi yang terus menurun, sedangkan rata-rata hari pengumpulan piutang terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kebijaksanaan kredit yang ditetapkan perusahaan berjalan dengan tidak baik karena adanya peningkatan yang terjadi pada tahun terakhir