• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Economics and Politics
  • Management
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Economics and Politics
  • Management
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGENCY COST PADA SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Thumbnail
View/Open
Cover - Daftar Lampiran (1.228Mb)
BAB I PENDAHULUAN (367.7Kb)
BAB II KAJIAN TEORI (408.1Kb)
BAB III PENELITIAN (533.2Kb)
BAB IV HASIL PENELITIAN (884.4Kb)
DAFTAR PUSTAKA (388.5Kb)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN (277.9Kb)
LAMPIRAN (2.216Mb)
Naskah Publikasi (2.243Mb)
Date
2022-06-30
Author
TRISNAWATI, TRISNAWATI
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap agency cost pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian ini adalah periode 2017-2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan data skunder berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan farmasi dan Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda serta menggunakan perangkat lunak SPSS. Pertumbuhan perusahaan didapatkan dengan menghitung total asset tahun berjalan dikurangi total asset tahun sebelumnya dan dibagi total asset tahun sebelumnya. Ukuran perusahaan didapatkan dengan menghitung Logaritma Natural (LN) dikalikan dengan total asset perusahaan. Agency cost didapatkan dengan menghitung beban operasional dibagi total penjualan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifika terhadap agency cost, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap agency cost, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap agency cost.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2506
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback