Show simple item record

dc.contributor.authorParadela, Devi
dc.contributor.authorAri Fkahrur Rizal, Alfi
dc.date.accessioned2022-11-28T07:35:12Z
dc.date.available2022-11-28T07:35:12Z
dc.date.issued2022-05-23
dc.identifier.citationA. Wawan & Dewi M. (2019). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Ahmad Suryadi, S. P. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran (Jilid 2). CV Jejak (Jejak Publisher). Alexander E. Gorbalenya, Susan C. Baker, Ralph S. Baric, Raoul J. de Groot, Christian Drosten, Anastasia A. Gulyaeva, Bart L. Haagmans, Chris Lauber, Andrey M Leontovich, Benjamin W. Neuman, Dmitry Penzar, Stanley Perlman, Leo L.M. Poon, Dmitry Samborskiy, J. Z. (2020). Severe acute respiratory syndrome-related coronavirus: The species and its viruses – a statement of the Coronavirus Study Group. Nature Microbiology, 5(4), 536–544. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0695-z Anies. (2020). Covid 19 Seluk Beluk Corona Virus. Arruzz Media. Arifah Prima Satrianingrum. (2020). Persepsi Guru: Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 637. Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7 No.4, 282. Baskoro Pandu Aji. (2013). Identifikasi Cedera dan Penanganan Cedera Saat Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Brignole, M., Moya, A., De Lange, F. J., Deharo, J. C., Elliott, P. M., Fanciulli, A., Fedorowski, A., Furlan, R., Kenny, R. A., Martín, A., Probst, V., Reed, M. J., Rice, C. P., Sutton, R., Ungar, A., & Van Dijk, J. G. (2018). 2018 ESC Guidelines For the Diagnosis and Management of Syncope. European Heart Journal, 39(21), 1883–1948. https://doi.org/10.1093/eurheartj/ehy037 Budiman & Riyanto Agus. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Penelitian Kesehatan. Salemba Medika. Dahlan, M. S. (2016). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Salemba Medika. Dahlan S. (2014). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Salemba. Departemen Kesehatan RI. (2008). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2007. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. dr. Hardisman, M. D. (2014). Gawat Darurat Medis Praktis. Gosyen Publishing. Dr. Usiono MA. (2016). Pendidikan kepalang merahan. Perdana. Elisyaputra Ijul & Alfi Ari Fakhrur Rizal. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas 10 dan 11 tentang Pertolongan Pertama pada Kasus Pingsan di Sma Negeri 4 Samarinda. Dspace.Umkt. https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1651 Febrina, V., Semiarty, R., & Abdiana, A. (2017). Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 435. https://doi.org/10.25077/jka.v6i2.717 Galuh Mendung Gusty Ingawan. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Audio Visual(Video) dan Simulasi terhadap Pengetahuan Siswa tentang penanganan Pertama pada Sinkop di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Heri Gunawan. (2021). Edukasi dan produktivitas masyarakat di masa pandemi (Amar Ali Aulia (ed.)). LP2M UIN SGD. Hidayat, A. (2015). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Rineka Cipta. Hutabarat, R. Y. & Putra, C. S. (2016). Asuhan Keperawatan Kegawatdaruratan ((1st ed.)). In Media. Irma HY Siregar. (2020). Penanganan Gawat Darurat bagi Perawat Gigi (Mukodas (ed.)). Lindan Bestari. Kemendikbud. (2021). Buku Saku Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Vol. 2019). https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/8b4ebf61f4035e5 Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia. http://www.depkes.go.id/article/view/16060900003/kejadian -gawat-darurat- medik laporkan -ke-119 Kementrian Kesehatan Indonesia. (2015). Pusat data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI stop kanker. Jakarta : Kementrian Kesehatan Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/ Kurnia, I. A., Roifah, I., Dewi, C. P. L. (2018). Pengaruh Metode Simulasi dan Audiovisual Penanganan Penderita Sinkop Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Dalam Penanganan Penderita Sinkop di SMPN 1 Bangsal Mojokerto. Jurnal S1 Keperawatan STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/114 Kurniati, Q. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Guru Dalam Pemberian Pertolongan Pertama pada Kasus Pingsan di SD Muhammadiyah Tamantirto Yogyakarta. Jurnal Skripsi (Diterbitkan). Malang : Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17813 Lutfiasari. (2016). Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Berpengaruh Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Praktek Guru Dalam Penanganan Cedera Pada Siswa di Sekolah. MEDISAINS : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 14 (1), 10–17. Magfuri, A. (2016). Buku saku keterampilan dasar & P3K kegawat daruratan di rumah. Trans Info Media. McCarthy, F, dkk. (2008). Management of syncope in the Emergency Department: a single hospital observational case series based on the application of European Society of Cardiology Guidelines. European Society of Cardiology. Miski, R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Pola Interaksi Orang Tua dan Anak di Masa Pandemi Covid 19 di MA NW Aikmel. Universitas Gunung Rinjani. Mobarak, A. S., Afifi, R. M., & Qulali, A. (2015). First Aid Knowledge and Attitude of Secondary School Students in Saudi Arabia. Health, 07(10), 1366–1378. https://doi.org/10.4236/health.2015.710151 Mochammad Arif Yudhiantoro & Alfi Ari Fakhrur Rizal. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Dengan Teknik Resusitasi Jantung Paru : Literature Review. Borneo Student Research, 3(1), 380–390. Mubarak. (2017). Promosi Kesehatan Sebuah Pengamatan Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Graha Ilmu. Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41. Notoatmodjo. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Notoatmodjo. (2014). Definisi Tingkat Pendidikan. EGC. Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Ntusi, N. A. B., Coccia, C. B. I., Cupido, B. J., & Chin, A. (2015). an Approach to the Clinical Assessment and Management of Syncope in Adults. South African Medical Journal, 105(8), 690. https://doi.org/10.7196/SAMJnew.8065 Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba Medika. Nursalam. (2012). Pendidikan dalam Keperawatan. Salemba Medika. Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika. Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 4. Salemba Medika. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika. Rachmad M. (2012). Buku Ajar Biostatistika Aplikasi pada Penelitian Kesehatan. EGC. Rahmawati, I., Juksen, L., & Mesti, L. (2021). The Effect of Health Education towards the Level Knowledge of Youth Red Cross Members about First Aid of Syncope in Senior High School Bengkulu. International Journal of Caring Sciences, 14(2), 1269–1273. Ramen A Purba, Andi Febriana Tamrin, Erniati Bachtiar, Ritnawati Makbul, Imam Rofiki, Tia Metanfanuan, Masrul Masrul, Janner Simarmata, Juliana Juliana, Edi Irawan, D. P. Y. A. (2020). Teknologi Pendidikan (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. Ramen A Purba, Arin Tentrem Mawati, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Santa Maya Pramusita, Jessica Elfani Bermuli, Sri Rezeki Fransiska Purba, Kelly Sinaga, Nana Mardiana, Imam Rofiki, M. R. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Rina Kundre & Mulyadi. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan Simulasi Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama pada Siswa yang Mengalami Sinkop di SMA 7 Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 6(September), 9–10. Riska Wani Eka Putri Perangin-Angin, Lismawati, Y. A. P. (2021). Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi). Penerbit Adab. Rostianna Purba. (2021). Pengetahuan dan Sikap Perawat Terhadap Penggunaan Alat Perlindung Diri (APD). Media Sains Indonesia. Saragih, N, D, T. (2020). Literature Review : Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama pada Sinkop Tahun 2020. Skripsi. [Politeknik Kesehatan Medan]. http://poltekkes.aplikasi-akademik.com/xmlui/handle/123456789/4474 Saubers. (2017). Semua yang Harus Anda Ketahui Tentang P3K. Mitra Setia. Septiana, W., & Widaryati, W. (2017). Perbedaan Pendidikan Kesehatan Metode Audiovisual dan Simulasi terhadap Pengetahuan Siswa Melakukan Pertolongan Pertama pada Korban Pingsan. Doctoral Dissertation, Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Sesilia Ernesta Bani. (2020). Hubungan Tekanan Darah dengan Kejadian Sinkop pada Siswa-Siswi saat Upacara di SMA Negeri 9 Kota Malang. Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Edisi 2. Graha Ilmu. Setiawati, P., Setyawati, E., Palin, Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Sikap dan Perilaku Ibu Nifas di Rs Dr.R.Hardjanto Balikpapan Tahun 2020. Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kaltim. Shim, SH., Park, SY., Moon, SN. Oh, JH., Lee, YJ., Kim, HH. (2014). Baseline Heart Rate Variability in Children and Adolescents with Vasovagal Syncope. Korean J Pediatr. Singarimbun, M. & S. E. (2011). Metode Penelitian Survei. PT. Pustaka LP3ES. Sitorus, F. E., & Girsang, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Audio Visual terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama pada Siswa yang Mengalami Sinkop. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 2(2), 147–152. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta. Sugiyono & Agus Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta. Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Rosdakarya. Suryani & Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenadamedia Group. Susi Prasetyaningtyas. (2020). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di SMP N 1 Semin. JIdeguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5 (87). Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954 Swarjana, I. K. (2016). Statistik Kesehatan. Penerbit Andi. Swasanti N & Putra S. (2014). Pertolongan Pertama pada Kedaruratan P3K. Katahati. Thygerson, A., Gulli, B., Khohmer, J, R. (2016). Pertolongan Pertama (Kelima). Erlangga. Tilong Adi D. (2014). Buku Lengkap Pertolongan Pertama pada Beragam Penyakit. FlashBooks. Triana Indrayani, S. ST., M. K. &, & Prof. Dr. dr. Muhammad Syafar, M. (2020). Promosi Kesehatan untuk Bidan (K. Ikhwan (ed.)). CV. AA. RIZKY. Umar, H. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan: Langkah Cepat dan Tepat Menyusun Tesis dan Desertasi. Gramedia Pustaka Utama. Wahyu Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 57. Wahyuni, J. S., Roifah, I., Peni, T. (2020). Pengaruh Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). STIKES BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/285http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/285 WHO. (2017). Kardiovaskular Diseases (CVDs) Wolrd Health Organization. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fS317/en Yudistira Fahry Mahardika & Alfi Ari Fakhrur Rizal. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama dengan Teknik Balut Bidai: Literature Review. Borneo Student Research, 3(1), 380–390. Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19): Suatu tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–102. Yuliana, E. (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah. In FKIP UMP.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2591
dc.description.abstractLatar belakang: Sinkop adalah masalah kesehatan dalam kegawatdaruratan yang banyak terjadi di lingkungan sekolah akibat aktivitas yang padat. Metode audiovisual sebagai sarana edukasi dapat meningkatkan pengetahuan demi memecahkan masalah kesehatan di sekolah. Tujuan studi: Mengetahui pengaruh pemberian edukasi metode audiovisual dengan tingkat pengetahuan siswa tentang penanganan pertama penderita sinkop di SMP Negeri 6 Loa Kulu pada masa pandemi Covid-19. Metodologi: Penelitian secara kuantitatif metode pre experimental design dengan one grup pre-test post-test design. Populasi yaitu seluruh siswa SMP Negeri 6 Loa Kulu dengan sampel sejumlah 117 siswa melalui teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling sesuai kriteria. Waktu penelitian pada tanggal 30 Maret 2022 di SMP Negeri 6 Loa Kulu secara online melalui group Whatsapp. Instrumen penelitian diantaranya lembar informed consent, materi edukasi berupa video dan kuesioner. Adapun analisis data menggunakan uji Wilcoxon dalam signifikansi α = 0.05 dengan SPSS Statistics 25. Hasil: Hasil uji Wilcoxon didapatkan 0,000<0,05 yang artinya keputusan uji H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga, ada pengaruh pemberian edukasi metode audiovisual dengan tingkat pengetahuan siswa tentang penanganan pertama penderita sinkop di SMP Negeri 6 Loa Kulu pada masa pandemi Covid-19. Manfaat: Sebagai landasan ilmiah yang inovatif dalam ilmu keperawatan gawat darurat yakni edukasi kesehatan pada siswa tentang penanganan pertama pada penderita sinkop.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectEdukasiid_ID
dc.subjectAudiovisualid_ID
dc.subjectTingkat Pengetahuanid_ID
dc.subjectPenanganan Pertamaid_ID
dc.subjectSinkopid_ID
dc.subjectPandemi COVID-19id_ID
dc.titlePengaruh Pemberian Edukasi Metode Audiovisual dengan Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Penanganan Pertama Penderita Sinkop di SMP Negeri 6 Loa Kulu pada Masa Pandemi COVID-19id_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Providing Audiovisual Method Education with Students' Knowledge Levels about the First Handling of Syncope Patients at SMP Negeri 6 Loa Kulu during the Pandemic COVID-19id_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record