• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Pharmacy
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Pharmacy
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbedaan Pelayanan Farmasi Klinik Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19 di Apotek Wilayah Tenggarong

Thumbnail
View/Open
COVER (624.2Kb)
BAB I PENDAHULUAN (173.6Kb)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA (351.8Kb)
BAB III METODE PENELITIAN (192.4Kb)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN (300.0Kb)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN (30.22Kb)
DAFTAR PUSTAKA (136.2Kb)
LAMPIRAN (4.881Mb)
NASKAH PUBLIKASI (680.6Kb)
SKRIPSI (6.163Mb)
Date
2022-06-16
Author
Azhari, Fhirda
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang : Pelayanan farmasi klinik adalah pelayanan secara langsung yang diberikan oleh Apoteker kepada pasien dalam siklus pelayanan kefarmasian guna meningkat mutu hidup pasien. Pada tahun 2019 Indonesia dilanda pandemi COVID-19 yaitu virus menular melalui droplet antar individu yang berdekatan atau berkontak langsung. Pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi Apoteker dalam memberikan pelayanan farmasi klinik di Apotek. Sehingga perlu melakukan penyesuaian dalam melakukan pelayanan farmasi klinik pada masyarakat di Apotek selama pandemi COVID- 19 berlangsung untuk meminimalisir resiko paparan. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan pelayanan kefarmasian sebelum dan saat pandemi COVID-19 di Apotek Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara. Metode : Metode yang digunakan yaitu deskriptif yang bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden yang terlibat sebanyak 32 orang yang termasuk kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan cara purposive sampling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner. Hasil : Hasil penelitian menjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pelayanan farmasi klinik, yang biasanya dilakukan secara normal dan tatap muka mengalami penurunan dalam jumlah dan harus beralih memanfaatkan kemajauan teknologi. Analisis statistik menggunakan uji wilcoxon signed rank test, diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Kesimpulan : Terdapat perbedaan dalam pelayanan farmasi klinik sebelum dan saat pandemi COVID-19 di Apotek Tenggarong.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2656
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback