• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • NERS Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • NERS Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Praktik Klinik Keperawatan pada An. R Dengan Post Laparatomi dengan Intervensi Inovasi Terapi Bermain Puzzle terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak di Ruang PICU RSUD A.W Sjahranie Samarinda Tahun 2017

Thumbnail
View/Open
KIAN.pdf (147.6Kb)
Date
2017-07-24
Author
Antelina
Zulaikha, Fatma
Metadata
Show full item record
Abstract
Anak merupakan bagian dari keluarga dan masyarkat. Anak yang sakit dapat menimbulkan stress dan kecemasan bagi anak itu sendiri maupun keluarga. Berbagai dampak kecemasan akibat hospitalisasi yang dialami oleh anak usia sekolah, akan beresiko mengganggu tumbuh kembang anak dan berdampak pada proses penyembuhan. Kecemasan yang teratasi dengan cepat dan baik akan membuat anak lebih nyaman dan lebih kooperatif dengan tenaga medis, sehingga tidak menghambat proses perawatan. Untuk mengatasi dampak hospitalisasi pada anak, perawat memegang peran penting untuk membantu orang tua menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan perawatan anak di rumah sakit. salah satu cara untuk mengurangi kecemasan pada anak yaitu dengan memberikan suatu permainan yang unik dan dapat menarik perhatian anak. Tujuan menerapkan terapi bermain pada anak di rumah sakit adalah agar anak dapat melanjutkan tumbuh kembang yang normal selama perawatan, terapi bermain akan melepaskan anak dari ketegangan dan kecemasan yang dialami. Bermain puzzle merupakan salah satu terapi bermain yang sangat sesuai dengan perkembangan emosi anak usia sekolah. Karya Ilmiah Akhir bertujuan untuk melihat intervensi inovasi terapi bermain menggunakan puzzle yang diterapkan secara kontinyu pada pasien anak usia sekolah di ruang PICU RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda. Hasil scoring sebelum dilakukan intervensi inovasi adalah 19 (kecemasan sedang) dan setelah dilakukan tindakan selama tiga hari adalah 6 (tidak ada kecemasan), hal ini menunjukkan bahwa pemberian intervensi terapi bermain menggunakan puzzle yang diterapkan secara kontinyu efektif menurunkan tingkat kecemasan. Perawat ruangan diharapkan dapat menerapkan pemberian intervensi ini.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/277
Collections
  • NERS Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback