Hubungan Aktivitas Gadget dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Usia Sekolah: Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Kelainan tajam penglihatan pada anak usia sekolah merupakan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan karena penglihatan adalah salah satu faktor penting dalam proses belajar. Hal ini dapat terjadi akibat lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan tindakan yang tidak aman. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan.
Tujuan: Review artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan aktivitas gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah dengan peneliti sebelumnya.
Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi : Jurnal bahasa indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak usia sekolah 6-12 tahun dengan ketajaman penglihatan, artikel orisinil full text, tema artikel Hubungan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah 6-12 tahun dengan variabel aktivitas gadget.
Hasil: Hasil studi 15 artikel berdasarkan 4 database google scholar, pubmed, researchgate, garuda didapatkan dari 15 jurnal yang terdiri dari 5 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional ditemukan 15 jurnal yang berhubungan dengan kebiasaan membaca dengan ketajaman penglihatan pada anak usia. Aktivitas gadget yang benar dan baik dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan ketajaman penglihatan.
Kesimpulan: Penelitian literature review menunjukan bahwa ada hubungan aktivitas gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah.