Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda
Abstract
Latar Belakang, di era digital saat ini masyarakat di seluruh dunia tidak luput dari perkembangan gadget. Anak memerlukan interaksi sosial dengan orang lain disekitarnya. Maka dari itu, anak-anak harus sangat diawasi dan diarahkan saat menggunakan gadget agar nantinya dapat menjadi seseorang yang memiliki kepribadian baik.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik, penggunaan gadget, perkembangan interaksi sosial dan menganalisis adanya hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda.
Metode Penelitian kuantitatif berbentuk Descriptive Corelation dengan pendekatan Cross Sectional. Besar sampel 97 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan uji chi-square.
Hasil dan Kesimpulan Penelitian nilai p-value 0,231 (p > 0,05) yaitu kesimpulannya Ho diterima. Hal ini menjelaskan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dan interaksi sosial anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda. Hasil odds ratio 0,610 artinya penggunaan gadget yang rendah berpeluang 0,610 kali lipat lebih besar dapat membentuk interaksi sosial yang baik dibanding penggunaan gadget yang tinggi.