Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lempake
Abstract
Tujuan studi: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lempake. Metodologi: Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional. Data diperoleh menggunakan pengisian kuesioner. Jumlah sampel penelitian sebanyak 312 menggunakan teknik Accidental Sampling. Uji statistik Chi Square. Hasil: Didapatkan bahwa Responden yang memiliki mutu pelayanan kesehatan baik berjumlah 184 orang (59.0%) dan mutu pelayanan kurang baik berjumlah 128 orang (41.0%). Responden yang memiliki kepuasan pasien rawat jalan puas berjumlah 266 orang (85.3%) dan kepuasan pasien rawat jalan tidak puas berjumlah 46 orang (14.7%). Setelah dilakukannya Uji Chi Square didapatkan hasil nilai p-value sebesar 0.656 atau p > 0.05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas lempake. Manfaat: Penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi puskesmas selaku pemangku kebijakan tertinggi agar dapat mengetahui pentingnya mutu pelayanan bagi kepuasan pasien yang melakukan pelayanan rawat jalan sehingga dapat terus memenuhi kebutuhan pasien serta memebrikan pelayaan yang terbaik untuk meningkatkan kepuasan bagi pasien.