• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Informatics
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Informatics
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pemetaan Pesebaran Sekolah Muhammadiyah di Samarinda Menggunakan Metode Kmeans berbasis GIS

Thumbnail
View/Open
Cover (884.9Kb)
BAB 1 (403.7Kb)
BAB 2 (536.0Kb)
BAB 3 (1.392Mb)
BAB 4 (1.692Mb)
BAB 5 (388.8Kb)
Daftar Pustaka (271.6Kb)
Lampiran (1.113Mb)
Naskah Publikasi (1.390Mb)
Skripsi Full (6.612Mb)
Date
2022-07-10
Author
Salsabila, Abdul Basir
Metadata
Show full item record
Abstract
Badan amal usaha Muhammadiyah berperan penting dalam dunia pendidikkan. Melalui jalur pendidikan, Muhammadiyah sangat berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sampai saat ini Muhammadiyah sudah membangun lebih dari seribu sarana Pendidikan yang tersebar diseluruh Indonesia. Sekitar 40 sekolah Muhammadiyah yang terdata pada web kementrian kebudayaan dan Pendidikan Kota Samarinda, dari banyaknya sekolah Muhammadiyah yang tersebar di Samarinda akan sangat mudah jika kita dapat membuat suatu sistem yang dapat mengelompokan jumlah sekolah dan menampilkan letak sekolah dalam bentuk map/peta agar dapat menganalisa kebutuhan perkembangan jumlah sekolah Muhammadiyah di Samarinda. Dalam pelaksanaan penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode K-Means, dengan adanya metode ini peneliti dapat melakukan pengelompokkan jumlah siswa ditiap 10 kecamatan di Samarinda. Data yang digunakan yaitu data jumlah siswa dari tahun ajaran 2019/2018, 2020/2019, 2021/2020. Kemudian data siswa dihitung dan Hasil akhir yang didapat setelah melakukan cluster jumlah siswa di 10 kecamatan Samarinda mendapatkan hasil C1 berparameter pertimbangan berisi 1 kecamatan, C2 berparameter tidak perlu berisi 6 kecamatan, dan C3 berparameter perlu dibangun sekolah berisi 3 kecamatan. Setelah data selesai di cluster maka selanjutnya membuat titik koordinat dari tiap sekolah Muhammadiyah yang berada di Samarinda. Dan didapatkan membuat polygon agar dapat mengetahui titik sekolah berada di tiap kecamatan.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2974
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback