Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kartu Telkomsel ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh citra merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan .
analisis ini menggunakan variabel citra merek (X1) , promosi (X2) dan loyalitas pelanggan (Y). populasi adalah seluruh pengguna kartu telkomsel pada mahasiswa program studi Manajemen S1 universitas muhammadiyah Kalimantan timur . Sempel yang digunakan sebanyak 96 responden . Dalam penelitian ini penelitian menggunakan simple random sampling. Pengumpulkan data menggunakan koensioner dibagikan melalui google from dengan menggunakan skala likert . Teknik analisis yang digunakan adalah regrensi linier berbaganda dengan bantuan software SPSS. Data diperoleh dari responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa koensioner, kemudian di analisis mengunakan alat bantu SPPP versi 25. Dari hasil uji simultan (uji f) variabel
citra merek dan promosi secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek dan promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan diterima.