• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Pharmacy
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Pharmacy
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SWAMEDIKASI DI APOTEK KABUPATEN NUNUKAN

Thumbnail
View/Open
COVER (581.6Kb)
BAB I PENDAHULUAN (121.3Kb)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA (144.3Kb)
BAB III METODE PENELITIAN (117.6Kb)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN (377.5Kb)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN (14.35Kb)
DAFTAR PUSTAKA (85.43Kb)
LAMPIRAN (3.560Mb)
NASKAH PUBLIKASI (683.6Kb)
SKRIPSI (4.565Mb)
Date
2022-12-29
Author
ANGGI, SETIAWATI
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang Banyaknya Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan yang membantu mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi konsumen, sehingga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk dapat memilih Apotek mana yang memberikan pelayanan yang berkualitas. Adanya pelayanan yang berkualitas akan mendatangkan kepuasan bagi konsumen. Kepuasan konsumen didapat jika pengalamannya terhadap suatu pelayanan melebihi harapan yang diinginkan. Salah satu pelayanan kesehatan yang banyak terjadi di Apotek ialah swamedikasi. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan dan mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan ditinjau menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Metode Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner. Sampel diperoleh dengan melibatkan 100 responden yang melakukan swamedikasi di Apotek yang ada di Kabupaten Nunukan pada bulan Juli-Agustus 2022. Data yang diperoleh diolah menggunakan Microsoft Excel kemudian dianalisis menggunakan SPSS dengan membandingkan kenyataan dirasakan dan layanan yang diharapkan konsumen dalam diagram kartesius yang terdiri atas 4 bagian yaitu kuadran I prioritas utama, kuadran II pertahankan prestasi, kuadran III prioritas rendah dan kuadran IV berlebihan. Hasil dan Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan adalah puas dengan rata rata nilai kenyataan yang dirasakan (4.43) dan rata-rata nilai layanan yang diharapkan (4.39). Sehingga kesimpulannya yaitu tingkat kepuasan konsumen mempunyai nilai kenyataan yang lebih besar dari harapan yang diinginkan konsumen di semua aspek dimensi. Kata Kunci : Apotek, Kabupaten Nunukan, Kualitas Pelayanan, Swamedikasi.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3310
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback